Pandangan Tokoh Agama Terhadap Poligami Lebih dari Empat Orang Istri : Telaah Pandangan Tokoh Agama di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep Terhadap Poligami Kyai Haji Masyhurat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hardiyati, Arisa (2016) Pandangan Tokoh Agama Terhadap Poligami Lebih dari Empat Orang Istri : Telaah Pandangan Tokoh Agama di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep Terhadap Poligami Kyai Haji Masyhurat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian bersifat lapangan (field research) dengan judul “Pandangan tokoh agama terhadap poligami lebih dari empat orang istri (telaah pandangan tokoh agama di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep terhadap poligami kyai haji Masyhurat)” untuk menjawab pertanyaan bagaimana bagaimana pandangan tokoh agama di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep terhadap poligami kyai haji Masyhurat dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh agama di Kecamatan Lenteng terhadap poligami kyai haji Masyhurat. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dengan beberapa tokoh agama di Kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep terhadap poligami kyai haji Masyhurat dan melihat kenyataan secara langsung atau observasi terhadap kelangsungan hidup prilaku kyai haji Masyhurat dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-deduktif yaitu dengan menggambarkan atau mendeskripsikan secara jelas tentang pandangan tokoh agama di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep terhadap poligami yang dilakukan oleh kyai haji Masyhurat. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif yaitu diawali dengan mengemukakan teori atau dalil yang bersifat umum tentang poligami, kemudian teori tersebut digunakan sebagai alat untuk menganalisis pandangan tokoh agama di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep terhadap poligami lebih dari empat orang istri yang dilakukan oleh kyai haji Masyhurat lalu ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dua tokoh agama membolehkan dan sebagian yang lain tidak membolehkan poligami kyai haji Masyhurat, karena poligami ki Urat telah menyalahi aturan syariat Islam (terbatas pada empat orang istri), sebagaimana dalil al-Qur’an dalam surat an-Nisa’ ayat 3 bahwa pendapat ulama yang mu’tamad adalah empat orang istri sekalipun wawu yang digunakan dalam ayat tesebut berfaidah lil jam’i akan tetapi faidah dan maksudnya adalah sebagai wawu li al-takhyir yaitu pilihan antara dua atau tiga atau empat. Sedangkan, batas maksimal yang diperbolehkan oleh hukum Islam adalah terbatas empat orang wanita (istri). Begitu juga dengan yang dilakukan oleh kyai haji Masyhurat, yaitu poligami lebih dari empat orang istri, itu tidak diperbolehkan, karena hal ini telah menyalahi syari’at Islam, sebagaimana dalam al-Qur’an surat an-Nisa’ ayat 3, dan juga hadis Rasulullah saw yang memerintahkan sahabatnya untuk memilih diantara para istrinya, terbatas sampai empat orang saja dan menceraikan selebihnya. Dari kesimpulan diatas, penulis dapat menyarankan kepada para tokoh agama khususnya di Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, agar lebih rensponsif lagi terhadap fenomena di masyarakat yang telah menyimpang dari aturan syariat, dan bagi masyarakat awam agar tidak selalu mentokohkan tokoh masyarakat, agar perlu diketahui dahulu dalil dan alasan apa yang digunakan dalam mengaplikasikan perilakunya tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syamsuri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hardiyati, Arisaarisa.hardiyati27@gmail.comC71212132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyamsurisyamhass@gmail.com2029107201
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Poligami
Uncontrolled Keywords: Poligami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Hardiyati Arisa
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:15
Last Modified: 15 Nov 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12589

Actions (login required)

View Item View Item