Perkembangan Tempat Makam KH. Ali Mas’ud Pagerwojo Buduran Sidoarjo Tahun 1980-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Siti (2016) Perkembangan Tempat Makam KH. Ali Mas’ud Pagerwojo Buduran Sidoarjo Tahun 1980-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perkembangan Tempat Makam KH. Ali Mas’ud Pagerwojo Buduran Sidoarjo tahun 1980-2016”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana riwayat hidup KH. Ali Mas’ud? 2) Bagaimana perkembangan tempat ziarah makam Ali Mas’ud Pagerwojo? 3) Bagaimana tanggapan masyarakat sekitar terhadap para peziarah dan motivasi peziarah ke makam Ali Mas’ud Pagerwojo? Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian historis. Adapun metode penulisan historis yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan beberapa langkah yaitu heuristik, verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi serta historiografi. Sedangkan pendekatan dan kerangka teori yang digunakan adalah pendekatan historis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masa lampau) dan teori challenge and response Arnold Joseph Toynbee.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) KH. Ali Mas’ud atau yang sering dikenal dengan Gus Ud lahir di Pondok Pesantren Sono Desa Sidokerto Kecamatan Buduran Sidoarjo. Tanggal dan tahun kelahiran beliau tidak di ketahui secara pasti. Diperkiran lahir pada tahun 1903. Wafat pada tanggal 10 Juni 1980. 2) Pada perkembangannya, tempat makam Ali Mas’ud memiliki banyak perubahan. Bangunan makam dibangun dengan ukiran Jepara. Telah memiliki pendopo serta tempat istirahat. Mayoritas penduduk sekitar makam membuka usaha dagangan. Hubungan sosial di Pagerwojo sangat baik. 3) Dari sisi positif:masyarakat Pagerwojo yang memanfaatkan ramainya peziarah makam untuk membuka usaha atau lapak dagangan. Perkembangan keagamaan di Pagerwojo semakin berkembang. Dapat di lihat dengan kegiatan keagamaannya yang terus berkembang dan terlaksana. Dari sisi negatif: sering terjadi kerawanan sosial karena padatnya pengunjung makam. Selain itu. para peziarah memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang mencari berkah, sebagai tempat tawassul, dan ada yang memohon diberikan jodoh yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Sitihusna.cusna1994@gmail.comA02212016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRidwan, M.UNSPECIFIED2017075901
Subjects: Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Ziarah; makam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Husna Siti
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:54
Last Modified: 11 Dec 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item