PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT ZAKAT DI DOMPET DHUAFA

Abdillah, Muchammad Baihaqi (2014) PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT ZAKAT DI DOMPET DHUAFA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia periklanan pada saat ini yang semakin pesat dan didukung oleh pertumbuhan media cetak maupun jumlah stasiun televisi (media elektronik) yang terus meningkat, membuat perusahaan maupun lembaga jasa harus selektif dalam membuat iklan untuk mendukung penjualannya. Strategi pemasaran dan promosi yang tepat dan efisien diperlukan agar efektivitas komunikasi iklan dapat dicapai. Iklan dapat merubah tingkah laku konsumen, Dompet Dhuafa juga menggunakan iklan sebagai bentuk promosi untuk menarik minat donatur. Dengan mengetahui pengaruh iklan terhadap minat donatur untuk berzakat, maka dapat ditetapkan langkah yang tepat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap minat donatur untuk berzakat di dompet dhuafa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Dompet Dhuafa Jatim, yang berlokasi di jalan Bratang Binangun komplek Ruko RMI Blok B-32 Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Simple random sampling. Variabel penelitian terdiri atas iklan sebagai variabel bebas. Sedangkan minat donatur berzakat di dompet dhuafa Surabaya sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan: (1) iklan dinyatakan tidak baik atau tidak menarik perhatian para donatur. Secara keseluruhan variabel iklan mendapat nilai rata-rata 3,97 yang berarti mayoritas dari 100 responden rata-rata memberikan jawaban kuesioner “ragu-ragu” (dalam interval kelas 2,61 - < 3,40). (2) minat donatur dinyatakan baik. Secara keseluruhan variabel minat donatur mendapat nilai rata-rata 3,97 yang berarti mayoritas dari 100 responden rata-rata memberikan jawaban kuesioner “setuju” (dalam interval kelas 3,41 - < 4,20). (3) Sedangkan pengaruh iklan terhadap minat donatur untuk berzakat di dompet dhuafa Surabaya diterangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0.539 yang berarti menunjukkan kontribusi pengaruh variabel iklan terhadap minat Donatur sebesar 53.9%, sedangkan sisanya 46.1% dipengaruhi oleh variabel lainnya selain variabel iklan. Nilai koefisien korelasi (R) menunjukkan seberapa erat hubungan antara variabel bebas variabel iklan dengan variabel tak bebas minat donatur, besarnya nilai koefisien korelasi adalah 0.734. Nilai tersebut menunjukkan bahwa hubungan variabel iklan dengan variabel minat Donatur adalah kuat karena nilai korelasi 0.734 terletak antara 0,60 sampai 0,799.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Bambang Subandi
Uncontrolled Keywords: Iklan; Minat Donatur; Zakat
Subjects: Iklan
Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2015 02:30
Last Modified: 03 Mar 2015 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item