TOBAT SEORANG PECANDU NARKOBA DALAM FILM HIJRAH CINTA : ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juana, Riyo (2016) TOBAT SEORANG PECANDU NARKOBA DALAM FILM HIJRAH CINTA : ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana gambaran tobat seorang pecandu narkoba dan juga bagaimana makna denotasi dan konotasi dalam film “Hijrah Cinta”. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui dan memahami proses tobat dan makna denotasi dan makna konotasi yang ada dalam film. Film adalah alat komunikasi massa yang memperoleh lembaga-lembaga komunikasinya dalam bentuk bayangan hidup diatas bayangan putih, hal ini dilakukan atas bayangan proyektor, sedangkan filmnya sendiri adalah rentetan foto diatas seoid. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. data yang telah diproses penulis kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Penyajian data dianalisis sesuai dengan rumusan atau model Roland Barthes dengan menekankan interaksi antara teks dengan pengalaman personal dan kultur yang diharapkan oleh penggunanya. Teori Roland Barthes merupakan penerus pemikiran Saussure dengan mengembangkan perbedaan penanda dan petanda kearah yang lebih dinamis. Dari hasil penelitian ini, bahwa tobat seorang pecandu narkoba dari film Hijrah Cinta adalah lebih banyak bergaul dengan orang-orang sholeh, menjahui perbuatan dosa dan mendekatkan diri kepada Allah. Makna tobat denotatif dalam film Hijrah Cinta adalah penggambaran seorang pemuda yang suka mengkonsumsi narkoba namun berkat cinta dan doa dari orang tua akhirnya sadar. Makna tobat secara konotatif dalam film Hijrah Cinta merupakan kisah seorang pecandu narkoba yang sadar akan doa istri. Karena keterbatasan waktu, maka diharapkan pada peneliti lain untuk meneliti sisi lain dari film hijrah cinta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Anis Bachtiar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juana, RiyoRiyojuana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Uncontrolled Keywords: Narkoba; film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Juana Riyo
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:57
Last Modified: 24 Aug 2016 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12468

Actions (login required)

View Item View Item