SEJARAH PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL ROSYID DESA NGUMPAKDALEM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 1959-2016 M

Afida, Devy Nur (2016) SEJARAH PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL ROSYID DESA NGUMPAKDALEM KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 1959-2016 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul “Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Al Rosyid Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro”. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al Rosyid Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dari tahun 1959-2016? 2. Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Al Rosyid Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dari tahun 1959-2016? 3. Bagaimana kontribusi Pondok Pesantren Al Rosyid Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro terhadap perkembangan masyarakat sekitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang mencakup heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Penulis menggunakan pendekatan sosiologi yang mencakup teori fungsionalisme struktural dan teori kepemimpinan karismatik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Pondok Pesantren Al Rosyid didirikan oleh KH. Masyhur pada tahun 1959, yang bertujuan untuk memperbaiki dan membangun mental masyarakat sesuai dengan ajaran-ajaran islam dan dapat menanamkan rasa keagamaan pada sumua segi kehidupan dalam masyarakat. 2. Perkembangannya pun begitu pesat yaitu karena banyaknya santri yang berdatangan untuk mondok dan bersekolah di Pondok Pesantren Al Rosyid, sehingga mengalami berbagai perkembangan perubahan sistem pendidikan, namun tidak meninggalkan pendidikan klasiknya. Seperti meningkatkan model sistem pendidikan yang memadukan antara pendidikan klasik dengan sistem pendidikan modern. 3. Adapun pengaruh Pondok Pesantren Al Rosyid terhadap masyarakat yang menghasilkan dampak positif, seperti halnya keikutsertaan masyarakat dalam program kegiatan yang dilakukan Pondok Pesantren Al Rosyid untuk menanamkan rasa keagamaan pada masyarakat itu sendiri.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sejarah perkembangan
Subjects: Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Afida Devy Nur
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:34
Last Modified: 25 Aug 2016 02:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12383

Actions (login required)

View Item View Item