ISTIKHDAM AL WASAAIL AT TA'LIMYYAH 'ALAA RUMUZ AN NAHWI AL MA'KHUDZAH MIN MUKHTASHAR JIDDAN (AL JURMIYYAH) LITARQIYYAH MAHARAH KITAABAH LIT TALAAMIDZ FIL FASHLI ATS TSAMIN BI MADRASAH INTISYARUL ULUM AL MUTAWASSITHAH AL ISLAAMIYYAH SUMBERTAMAN PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Nadratun (2016) ISTIKHDAM AL WASAAIL AT TA'LIMYYAH 'ALAA RUMUZ AN NAHWI AL MA'KHUDZAH MIN MUKHTASHAR JIDDAN (AL JURMIYYAH) LITARQIYYAH MAHARAH KITAABAH LIT TALAAMIDZ FIL FASHLI ATS TSAMIN BI MADRASAH INTISYARUL ULUM AL MUTAWASSITHAH AL ISLAAMIYYAH SUMBERTAMAN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية), peningkatan keterampilan menulis dalam qawaid nahwu, murid kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Intisyarul Ulum Sumbertaman Probolinggo.
Sesungguhnya kemampuan menulis dalam qowaid nahwu itu sangat penting dalam pembelajaran bahasa arab, karena sesungguhnya kemampuan menulis dalam qowaid nahwu itu analisis beberapa bunyi bahasa pada rumus-rumus yang tertulis di kertas atau yang lainnya diidentifikasi dengan sengaja memindahkannya pada yang lain, dan membantu para murid terhadap susunan kata dan kalimat serta penggunaannya.
“Rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية)” adalah salah satu media pembelajaran untuk bahasa arab yang dibutuhkan para murid dalam belajar bahasa Arab terutama materi menulis dalam qowaid nahwu. Media pembelajaran ini merupakan suatu strategi pembelajaran bahasa arab.
Oleh karena itu, disini peneliti mencoba melakukan penggunaan media pembelajaran rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية) guna untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam qowaid nahwu, dan memudahkan pemahaman para murid dalam pembelajaran bahasa arab sehingga para murid belajar bahasa arab dengan senang dan tidak bosan. maka peneliti menggunakan media pembelajaran ini.
Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui penggunaan media pembelajaran rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية) dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya terhadap kemampuan menulis dalam qowaid nahwu para murid. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana pembelajaraan bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية)? 2) Bagaimana pencapaian pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية)? 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية)?. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Observasi, Wawancara, Dokumen, Angket, dan Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية) terbukti berpengaruh, bahwa penggunaan media pembelajaran “rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية)” telah menjadi acuan kegiatan pembelajaran dengan menulis dalam qowaid nahwu. Dan bila dilihat dari hasil tes 16 maka dihasilkan )t_0) dengan nilai 2,43 dan nilai )t_0) dijadwal (t_(t )) terhadap 5% derajat : 1,68 dan ini menunjukkan )t_0) lebih besar dari pada (t_(t )) adalah 2,43 > 1,68 maka Hipotesis Kerja (Ha) diterima dan Hipotesis Nol di Tolak.
Maka dari itu adanya penggunaan media pembelajaran “rumus nahwu yang diambil dari kitab مختصر جدا (الجرمية)” di Madrasah Tsanawiyah Intisyarul Ulum sumbertaman Probolinggo dalam pembahasan ini, semoga bermanfaat dan barokah bagi pendidikan terutama dalam pembelajaran bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Nadratunnafiahnadratun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Guru
Motivasi Belajar
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran Rumus Nahwu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nadratun Nafi'ah
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:23
Last Modified: 24 Aug 2016 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item View Item