PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN MEDIA WEB PEERWISE

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholisoh, Nur (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN MEDIA WEB PEERWISE. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Hadirnya perangkat pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif di kelas dengan saling berbagi ilmu pengetahuan memang sangat dibutuhkan pada pembelajaran masa kini. Mengingat sering dijumpainya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang monoton. Beberapa siswa terkadang diam serta malu untuk bertanya kepada guru dan lebih memilih bertanya kepada temannya. Selain itu, siswa sekarang lebih terbiasa dengan internet sebagai bagian dari perkembangan teknologi. Sayangnya penggunaan internet tersebut bukanlah untuk belajar, melainkan untuk bermain game online, facebook, dan lain-lain. Untuk mengakomodir hal tersebut, perlu dikembangkan pembelajaran Matematika dengan strategi Active Knowledge Sharing menggunakan media web PeerWise. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan LKS yang memiliki kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang baik. Dengan strategi Active Knowledge Sharing, siswa bisa berbagi pengetahuan secara aktif dan melalui media web PeerWise, siswa bisa saling bertanya (ask), berbagi (share), dan belajar (learn). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan dari Borg&Gall yang terdiri dari 8 fase yaitu: pengumpulan informasi (research and information collecting), perencanaan (planning), pengembangan produk (develop preliminary form of product), uji coba awal (preliminary field testing), perbaikan produk awal (main product revision), uji validitas (operational field testing), penyempurnaan produk akhir (final product revision), implementasi (implementation). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII J SMPN 22 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, observasi dan angket. Semua data yang diperoleh dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perangkat pembelajaran dengan strategi Active Knowledge Sharing menggunakan media web PeerWise dikatakan valid dengan rata-rata sebesar 3,34 untuk RPP dan 3,21 untuk LKS; (b) perangkat pembelajaran dengan strategi Active Knowledge Sharing menggunakan media web PeerWise dikatakan praktis dengan penilaian B oleh dua validator yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi dan A oleh satu validator yang berarti dapat digunakan dengan tanpa revisi; (c) pembelajaran dengan strategi Active Knowledge Sharing menggunakan media web PeerWise dikatakan efektif dengan rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 3,11, persentase aktivitas siswa positif lebih dominan yakni sebesar 79,34%, dan respons siswa positif sebesar 75,87%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholisoh, Nurmyspirit43@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Matematika
Uncontrolled Keywords: Active Knowledge Sharing; media web PeerWise
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kholisoh Nur
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:09
Last Modified: 29 Aug 2016 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item