MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA SISWA KELAS 6 MI MUTTABIUL HUDA SIDAYU GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaikhu, Muhammad (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA SISWA KELAS 6 MI MUTTABIUL HUDA SIDAYU GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Sebagaimana tercantum pada GBRP bahwa pengajaran IPA di Sekolah Dasar bertujuan agar siswa mampu menerapkan berbagai konsep-konsep IPA untuk meningkatkan kesadaran akan kemajuan Iptek dan kelestarian lingkungan serta kebanggaan nasional.
Dari tujuan mata pelajaran IPA tersebut tampak bahwa siswa diarahkan untuk menguasai konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana Pelaksanan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam pembelajaran IPA (b) Bagaimanakah prestasi belajar IPA Siswa Kelas 6 MI Muttabiul Huda melalui metode pemecahan masalah (problem solving)?
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Bagaimana Pelaksanan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam pembelajaran IPA (b) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode pemecahan masalah (problem solving), Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Muttabiul Huda tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,52%), siklus II (75,86%), siklus III (86,21%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pemecahan masalah (problem solving) dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa Kelas 6 MI Muttabiul Huda tahun pelajaran 2014/2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Yunus Abu Bakar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaikhu, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Prestasi Belajar; IPA; Metode Pemecahan Masalah (problem solving)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2015 03:51
Last Modified: 02 Mar 2015 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item