KEDUDUKAN ANAK SEBAGAI SUBJEK HUKUM DALAM TRANSAKSI MU‘ᾹMALAH MENURUT IMᾹM ABŪ ḤANĪFAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mansyur, Zaenuddin (2014) KEDUDUKAN ANAK SEBAGAI SUBJEK HUKUM DALAM TRANSAKSI MU‘ᾹMALAH MENURUT IMᾹM ABŪ ḤANĪFAH. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Subjek hukum merupakan salah satu unsur terpenting dalam membentuk kedudukan sah maupun batalnya sebuah transaksi mu‘āmalah. Menurut fuqahā`, setiap orang diperbolehkan menjadi subjek hukum dalam transaksi mu‘āmalah jika ia telah memenuhi persyaratan yang sempurna, seperti dewasa, tidak terpaksa, berakal, dan mampu memahami dalil taklīf. Namun persyaratan itu menjadi terbantahkan ketika Imām Abū Ḥanīfah menetapkan kedudukan sah anak yang telah berusia mumayyiz, berakal, dan dapat mempertanggungjawabkan transaksi mu’āmalah yang dilakukannya sebagai subjek hukum. Fatwa Imām Abū Ḥanīfah tersebut terjawab ketika realitas kultural masyarakat disibukkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern, sehingga tidak ironis banyak anak-anak yang belum menginjak usia dewasa melakukan transaksi mu‘āmalah melalui alat teknologi itu. Hal itu, menjadi dasar terpenting untuk dilakukan pengkajian serta penelitian mendalam agar terungkap kedudukan anak itu sebagai subjek hukum dalam transaksi mu‘āmalah menurut Imām Abū Ḥanīfah.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang bersifat library research (kepustakaan) dengan pendekatan normatif uṣūl al-fiqh untuk menganalisis kedudukan anak sebagai subjek hukum dalam transaksi mu‘āmalah menurut Imām Abū Ḥanīfah. Dengan demikian, fokus kajian dari penelitian ini adalah menjawab tiga permasalahan penting. Pertama, bagaimana kedudukan anak sebagai subjek hukum menurut Imām Abū Ḥanīfah dalam transaksi mu’āmalah? Kedua, bagaimana metode istinbāṭ hukum Imām Abū Ḥanīfah terhadap kedudukan anak sebagai subjek hukum dalam transaksi mu’āmalah? Ketiga, bagaiamana kontribusi ijtihad Imām Abū Ḥanīfah tentang penetapan kedudukan anak sebagai subjek hukum dalam transaksi mu’āmalah terhadap pengembangan hukum Islam?
Untuk menjawab fokus kajian penelitian ini, digunakan teori mukallaf dan tekstual-kontekstual hukum Islam, sehingga berhasil mengungkap pokok masalah yang di kaji. Pertama, menurut Imām Abū Ḥanīfah bahwa kedudukan anak dalam melakukan transaksi mu’āmalah sangat ditentukan oleh eksistensi akal dan kriteria yang dimilikinya seperti marḥalah al-Saby, marḥalah al-tamyīz, marḥalah al-bulugh, marḥalah al-murshīd, dan marḥalah al-mukallaf. Kedua, metodologi istinbāṭ hukum yang digunakan oleh Imām Abū Ḥanīfah dalam menetapkan kedudukan anak sebagai subjek hukum dalam transaksi mu’āmalah adalah pendekatan tekstual/lughawiyah dan pendekatan kontekstual. Ketiga, konstribusi pemikiran Imām Abū Ḥanīfah tentang kedudukan anak sebagai subjek hukum dalam transaksi mu’āmalah adalah berkembangannya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Additional Information: Ridlwan Nashir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mansyur, ZaenuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Anak; Abu Hanifah; Subjek Hukum
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2015 12:17
Last Modified: 28 Feb 2015 12:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item