KAJIAN SEJARAH MARITIM: PERANAN SUNGAI KALIMAS SEBAGAI JALUR PERDAGANGAN DAN PENGARUHNYA BAGI ETNIS ARAB DI SURABAYA TAHUN 1902-1930 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Ahmad Agus (2016) KAJIAN SEJARAH MARITIM: PERANAN SUNGAI KALIMAS SEBAGAI JALUR PERDAGANGAN DAN PENGARUHNYA BAGI ETNIS ARAB DI SURABAYA TAHUN 1902-1930 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kajian Sejarah Maritim: Peranan Sungai Kalimas sebagai Jalur Perdagangan dan Pengaruhnya bagi Etnis Arab di Surabaya tahun 1902-1930 M)”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perkembangan sungai Kalimas sebagai pusat perdagangan di Surabaya tahun 1902-1930? 2) Bagaimana peran sungai Kalimas sebagai pusat perdagangan di Surabaya tahun 1902-1930? dan, 3) Bagaimana pengaruh sungai Kalimas bagi etnis Arab disekitar Kalimas Surabaya?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yang meliputi beberapa langkah yaitu heuristic (penelitian ini adalah penelitian kepustakaan/Library Research), verifikasi, interpretasi dan historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa masa lampau dan juga pendekatan sosiologis yang digunakan untuk mengungkapkan interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Peranan dari Brice J. Biddle and Edwin J. Thomas. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan: 1) Sungai Kalimas pada masa prakolonial tepatnya pada masa kerajaan Majapahit merupakan pelabuhan transit untuk menuju pelabuhan besar, kemudian pada masa kolonial pemerintah Hindia-Belanda menjadi pelabuhan internasional yang ramai dikunjungi, akhirnya pada tahun 1902-1930 Kalimas mengalami beberapa kali perbaikan yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah Hindia-Belanda, 2) Sungai Kalimas Surabaya menjadi jalur transportasi laut yang dimanfaatkan oleh para pedagang dengan menggunakan tongkang kecil untuk membawa barang-barang dagangannya masuk ke daerah pedalaman sampai ke pusat kota karena kapal-kapal kargo hanya bisa berlabuh sampai di mulut sungai, dan 3) Adanya sungai Kalimas sebagai jalur perdagangan sangat berpengaruh bagi kelangsungan kehidupan perdagangan etnis Arab di Surabaya yang notabennya adalah seorang pedagang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Ahmad Agusagusubaidillah94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Keywords: Sungai Kalimas; Etnis Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Ubaidillah Ahmad Agus
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:49
Last Modified: 25 Aug 2016 02:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item