Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pocket Book Realistik dengan Materi Operasi dan Faktorisasi Bentuk Aljabar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Indra Dwi (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pocket Book Realistik dengan Materi Operasi dan Faktorisasi Bentuk Aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum bias memanfaatkan sumber belajar yang mereka miliki dan rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media ajar berbasis PMRI yang dapat membantu siswa dalam mempelajari matematika SMP/MTs kelas VIII semester ganjil pada materi operasi dan faktorisasi bentuk aljabar melalui media pocket book yang berkualitas berdasarkan kelayakan isi, criteria kontekstual, penggunaan bahasa, criteria penyajian, dankreteria kegrafikkan. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang terdiridari 5 tahap yaitu analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di MTsN Sidoarjo kelas VIII A. Berdasarkan hasil validasioleh para ahli, dapat dikatakan bahwa media pocket book termasuk dalam katagori valid dengan nilai 3,2. Berdasarkan hasil validasi secara umum dan hasil ujicoba (hasil pekerjaan siswa dalam pocket book) dapat dikatakan praktis semua validator menyatakan layak digunakan di lapangan dengan sedikit revisi, sedangkan berdasarkan hasil pekerjaan siswa dalam pocket book, mendapat presentase lebih dari 75%.Pocket book juga mendapat respon positif dari siswa mendapat presentase 77,05% dan ketuntasan hasil belajar sebesar 90% dikatakan efektif. Dengan demikian media pocket book yang dikembangkan dapat dikatakan baik, karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Indra Dwiiieendhadza@yahoo.co.idD04211026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Aljabar; Pocket Book; PMRI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wati Indra Dwi Rahma
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:20
Last Modified: 27 Feb 2020 02:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item