Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak Perspektif Alquran : Telaah Penafsiran M. Quraish Sihab, Hamka, dan Sayyid Qutb Terhadap Ayat-Ayat Tentang Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasymi, Ahmad Ali (2016) Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak Perspektif Alquran : Telaah Penafsiran M. Quraish Sihab, Hamka, dan Sayyid Qutb Terhadap Ayat-Ayat Tentang Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang akan diteliti adalah tanggung jawab orang tua terhadap anak perspektif alquran menurut perspektif al-Qur’an. Kasus penelantaran,penyiksaan, bahkan pembunuhan yang dilakukan oleh orangtua terhadap anak sering terjadi di indonesia, meski terus disoroti oleh masyarakat dan pemerintah, kasus kekerasan terhadap anak seakan tidak bisa diredam. berikut adalah beberapa contoh kasus penyiksaan, penelantaran, pembunuhan oleh orangtua kepada anaknya: Seorang anak bernama Angeline dibunuh oleh ibu angkatnya di bali pada Mei 2015, di tempat lain kasus kekerasan terjadi pada seorang anak di Cipulir, Jakarta Selatan. Seorang anak mengalami kekerasan dan penganiayaan dari ibu kandungnya, dan masih banyak contoh lain kasus penyiksaan bahkan pembunuhan yang dilakukan oleh orangtua kepada anaknya. Maka, berangkat dari permasalahan tersebut , penulis terpanggil untuk mengangkat sebuah solusi yang ditawarkan oleh kitab suci umat islam yakni Alquran dalam menjelaskan apa saja dan bagaimana tanggung jawab yang seharusnya dipenuhi oleh orangtua terhadap anaknya. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan kepustakaan bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara utuh metode penafsiran serta hasil dari penafsiran beberapa mufassir terhadap ayat-ayat yang terkait dengan tanggungjawab orangtua terhadap anak di dalam Alquran. kemudian, data yang terkumpul baik data primer maupun sekunder tentang tanggung jawab orangtua terhadap anak dalam Alquran dianalisis berdasarkan sub bahasan masing-masing menggunakan metode analisis isi (content analysis). Metode analisis isi secara umum diartikan sebagai metode yang meliputi semua analisis menganai isi teks, dalam hal ini teks yang dimaksud adalah kitab tafsir karya Sayyid Qutb,Hamka dan Prof. M. Quraish Sihab. Dari penafsiran M. Quraish Shihab, Hamka dan Sayyid Qutb dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an tentang tanggung jawab orang tua terhadap anak memiliki penafsiran yang berbeda-beda dalam penafsirannya. Namun, dari ketiga penafsiran mufassir tersebut sama-sama mengandung prinsip tanggung jawab orang tua terhadap anak. Baik secara tersirat maupun tersurat ayat-ayat yang menjelaskan tentang tanggung jawab orangtua terhadap anak memiliki prisnsip-prinsip tanggung jawab orangtua yang harus dipenuhi kepada anak diantaranya adalah tanggung jawab untuk Menanamkan nilai ketauhidan, Menyapih dan memberikan kasih sayang, Memberikan pendidikan agama, Mengajarkan etika, Berlaku adil pada anak, Memberi nafkah dan tidak meninggalkan anak dalam keadaan lemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasymi, Ahmad AliAhassbj@gmail.comE93212127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.alidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Tanggung jawab Orangtua
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hasymi Ahmad Ali
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:19
Last Modified: 05 Dec 2019 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12033

Actions (login required)

View Item View Item