Peningkatan Kemampuan Menerjemahkan Bahasa Arab Materi في البيت Melalui Media Gambar Berputar Siswa Kelas V MI Walisongo Sawohan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Lilik (2016) Peningkatan Kemampuan Menerjemahkan Bahasa Arab Materi في البيت Melalui Media Gambar Berputar Siswa Kelas V MI Walisongo Sawohan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah problem yang dialami siswa ialah kesulitan dalam materi Bahasa arab terutama ketika siswa diminta untuk menerjemahkan Bahasa arab kedalam Bahasa Indonesia. Kurangnya pemahaman siswa mengenai makna dalam setiap mufrodat merupakan kendala siswa dalam memahami bacaan dalam teks Bahasa arab. Serta kurangnya kreatifitas guru dalam proses pembelajaran juga menjadi salah satu penyebab kegiatan belajar kurang efektif karena siswa merasa bosan sehinga apa yang disampaikan ketika pembelajaran berlangsung tidak dapat difahami siswa sepenuhnya. Siswa yang kurang fokus saat kegiatan belajar di dalam kelas berlangsung mengakibatkan nilai siswa yang kurang memenuhi ketuntasan belajar siswa yang sudah ditetapkan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan media gambar berputar dalam rangka meningkatkan kemempuan menerjemahkan Bahasa arab materi البيت فىkelas V MI Wali Songo Sawahan Sidoarjo dan 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menerjemahkan Bahasa arab materi البيت فىsetelah diterapkan media gambar berputar di kelas V MI Wali Songo Sawahan Sidoarjo. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang menyatakan dalam satu siklus terdapat empat langkah pokok yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti mengunakan tehnik pengumpulan data angket, wawancara, observasi, aktifitas guru dan siswa. Data yang dianalisis adalah data yang berhubungan dengan kemampuan menerjemahkan siswa. Penerapan media gambar berputar pada siklus I dalam mata pelajaran Bahasa arab materi البيت فىpada siswa kelas V MI Wali Songo Sawahan Sidoarjo dilaksanakan dengan baik. Dapat dilihat dari nilai aktifitas siswa pada siklus I sebesar 42 dan naik pada siklus II menjadi 55. Penggunaan media gambar berputar untuk meningkatkan kemampuan menerjemahkan Bahasa arab siswa berjalan dengan baik. Terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa yang memuaskan karena dari pra siklus yang hanya mendapatkan nilai rata-rata 63 dengan persentase ketuntasan 42%, hasil ini meningkat dengan diadakannya penelitian dengan nilai rata-rata yang diperoleh 73 dengan persentase ketuntasan mencapai 73% pada siklus I dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 81 dengan persentase ketuntasan mencapai 88%. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar berputar mampu membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Liliklinalinutimut@gmail.comD57212079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNadlirUNSPECIFIED2022076802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Berputar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarifah Arofah Mar'atus
Date Deposited: 24 Aug 2016 07:16
Last Modified: 13 Nov 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/12024

Actions (login required)

View Item View Item