ALKINAYAH FI SURAH YUSUF : DIRASAH BALAGIYYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairah, Haniatul (2014) ALKINAYAH FI SURAH YUSUF : DIRASAH BALAGIYYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Surat Yusuf terdiri atas 111 ayat, surah ke-12, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah. Dinamai Yusuf karena menguraikan suatu kisah menyangkut satu pribadi secara sempurna dalam banyak episode karena biasanya Alquran menguraikan kisah seseorang dalam satu surah yang dijelaskan satu atau dua episode, tidak selengkap surah yusuf. Oleh karena itu Allah berfirman pada ayat ketiga yang menyebutkan bahwa surah ini adalah Ahsan al-Qashash (sebaik-baiknya kisah). Selain cerita tersebut, terdapat pula pelajaran, tuntunan dan hikmah, serta kisah ini kaya dengan gambaran yang begitu hidup.
Surah Yusuf juga mengundang imajinasi dan informasi tentang sejarah masa silam. Ceritanya yang sangat kompleks dan sistematis membuat pembaca ingin tahu seperti apa kisah Yusuf ini. Seperti biasanya Alquran mengandung berbagai macam keindahan gaya bahasa diantaranya Majaz, Metafora, Metonimie. Oleh karena itu, Peneliti mempunyai keinginan untuk menganalisis dari segi keindahan gaya bahasa Metonomie yang fokus dalam surah Yusuf.
Dalam ilmu Balaghah, Metonimie disebut Kinayah yang berarti Suatu kalimat yang disampaikan namun yang dikehendaki dari kalimat itu adalah makna lain, atau bukan makna yang sebenarnya. Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa makna itu adalah makna yang sebenarnya. Kinayah ada tiga macam, yaitu (1) Kinayah yang menunjukkan bentuk sifatnya atau disebut dengan Kinayah An Shifah, (2) kinayah yang menunjukkan bentuk yang disifatinya atau dapat disebut dengan Kinayah An Maushuf, (3) kinayah yang menunjukkan lafadz bukan merupakan Shifah atau Maushuf.
Skripsi ini mengandung dua rumusan masalah. Pertama, ada berapa macam kinayah terkandung dalam surah Yusuf. Kedua, apa saja tujuan penggunaan kinayah dalam surat Yusuf.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, Peneliti menggunakan metode Deskriptif Analitif yaitu prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan menganalisis. Adapun tahap-tahap penelitian ini adalah dengan membaca dan memahami konsep atau teori yang berkaitan dengan Kinayah, mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan bhasan Peneliti dan Menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi.
Adapun hasil penelitian yang dilakukan oleh Peneliti adalah (1) Macam Kinayah yang terdapat surah Yusuf yaitu Kinayah An Shifah, Kinayah An Maushuf, dan Kinayah An Nisbat. (2) Tujuan penggunaan Kinayah adalah untuk menjelaskan keadaan atau sesuatu, memperindah makna, dan memelihara kesopanan (terhindar dari kalimat jelek atau bersifat vulgar).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Thoriq Su'ud
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairah, HaniatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Uncontrolled Keywords: Kinayah; Balagha
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 06:41
Last Modified: 03 Feb 2015 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item