PESAN DAKWAH DALAM TABLOID KISAH HIKMAH (Analisis Wacana Rubrik Kultum Tabloid Kisah Hikmah Edisi 210 dan 211)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susilayati, Mas Nur Endah (2016) PESAN DAKWAH DALAM TABLOID KISAH HIKMAH (Analisis Wacana Rubrik Kultum Tabloid Kisah Hikmah Edisi 210 dan 211). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana bahasa yang digunakan pada rubrik kultum ini ditampilkan? (2) Bagaimana makna pesan dakwah dalam rubrik kultum Tabloid Kisah Hikmah edisi 210 dan 211? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bahasa yang digunakan dan makna pesan yang terkandung dalam rubrik kultum Tabloid Kisah Hikmah edisi 210 dan 211.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini digunakanlah pendekatan deskriptif dengan analisis kualitatif dan jenis penelitian analisis teks media yakni analisis isi dengan model analisis wacana Teun A. Van Dijk. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Dalam rubrik kultum edisi 210 dan 211, bahasa yang digunakan baik melalui aspek kata ataupun aspek kalimat sama-sama menunjukkan bahwa indahnya berbagai macam budaya bukan hanya dilestarikan saja tapi budaya juga dapat dijadikan metode untuk berdakwah. (2) Rubrik kultum Tabloid Kisah Hikmah edisi 210 mengandung pesan dakwah yang meliputi masalah syariah yakni setiap manusia harus menghormati budaya yang ada di setiap kalangan masyarakat, agar nantinya Islam dapat dilestarikan. Dan untuk edisi 211 pesan dakwahnya meliputi masalah akhlak yakni setiap manusia dituntut untuk memiliki dan menjunjung tinggi sifat akhlakul karimah, karena jika di dalam diri seseorang tertanam sifat akhlakul karimah, maka orang lain akan menghormatinya. Dalam penelitian ini masih banyak kekurangan yang perlu kiranya untuk bias menjadi acuan dalam penelitian selanjutnya sebagai upaya untuk menjadi lebih baik, tentunya dengan focus masalah dari pisau analisis yang berbeda. Adapun harapan peneliti kepada redaksi Tabloid Kisah Hikmah hendaknya tidak hanya memuat tokoh agama atau pengasuh pondok pesantren yang sudah mempunyai otoritas dan dikenal oleh masyarakat saja. Namun, jauh dari itu hendaknya redaksi Tabloid Kisah Hikmah juga memuat dan mengangkat para tokoh agama atau pengasuh pondok pesantren yang ada di tanah air yang belum dikenal oleh masyarakat tapi otoritasnya tinggi. Biasa dari kota Surabaya sendiri, karena di Surabaya banyak sekali tokoh masyarakat atau pondok pesantren ternama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susilayati, Mas Nur Endahendahnews18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Rubrik Kultum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Susilayati Mas Nur Endah
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:46
Last Modified: 24 Aug 2016 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11983

Actions (login required)

View Item View Item