PERAN K.H MUNIR MAWARDI DALAM PENGEMBANGAN YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL MUNIROH DI UJUNGPANGKAH GRESIK TAHUN 1946-1999

Fitri, Veronita (2016) PERAN K.H MUNIR MAWARDI DALAM PENGEMBANGAN YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL MUNIROH DI UJUNGPANGKAH GRESIK TAHUN 1946-1999. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi yang berjudul Peran KH. Munir Mawardi dalam Pengembangan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muniroh di Ujungpangkah Gresik Tahun 1946-1999, penulis berusaha mengungkap beberapa persoalan sebagai berikut: 1) Bagaimana biografi KH. Munir Mawardi? 2) Bagaimana sejarah dan pengembangan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muniroh tahun 1946-1999? 3)Bagaimana peran KH. Munir Mawardi dalam pengembangan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muniroh tahun 1946-1999 dan pandangan masyarakat Ujungpangkah Gresik?. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah, yang berfungsi untuk mendeskripsikan sesuatu yang terjadi di masa lampau. Metode penelitian sejarah yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan beberapa langkah, yaitu pemilihan, heuristik (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan sumber-sumber atau arsip-arsip yang terkait mengenai KH. Munir Mawardi, verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi (penafsiran), serta historiografi (cara penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan historis diskriptif. Teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah teori peran, teori keturunan, dan teori kepemimpinan kharismatik yang dikemukakan oleh Max Weber yakni menjelaskan perkembangan kekuasaan kepribadian yang bersifat kepahlawanan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) KH. Munir Mawardi merupakan pengasuh Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muniroh tahun 1946-1999. Ia lahir pada tahun 1918 M dari pasangan Kiai Mawardi dan Ibu Nyai Maimunah, serta wafat pada hari Senin 15 November 1999M di Desa Ujungpangkah Kecamatan Ujungpangkah Kbaupaten Gresik. 2) Pondok Pesantren Al Muniroh berdiri pada tahun 1942 M. Perkembangan dari awal berdiri yakni pengajian kitab kuning dengan menggunakan metode sorogan, wetonan atau bandongan, perkembangan dari pondok pesantren menjadi yayasan pendidikan pondok pesantren tahun 1981 dan didirikannya lembaga pendidikan formal dari TK sampai SMA. 3) peran KH. Munir Mawardi yaitu, pertama dalam peran agama yakni selalu menjadi kiblat masyarakat Ujungpangkah dalam menetukan hukum. Kedua, bidang sosial masyarakat yaitu dia sangat peduli terahadap masyarakat Ujungpangkah yang selalu memikirkan nasib umat-umatnya dengan rasa kasih sayang. Ketiga, bidang politik perannya yakni penggerak seluruh kader-kader di Ujungpangkah.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Munir Mawardi
Subjects: Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Fitri Veronita
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:34
Last Modified: 24 Aug 2016 06:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11959

Actions (login required)

View Item View Item