ANALISIS YURIDIS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN KABUPATEN MALANG NO. 6091/Pdt.G/2013/PA.Kab.Mlg. TENTANG PEMBAGIAN HARTA BERSAMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidi, Abdul Mufid (2016) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN KABUPATEN MALANG NO. 6091/Pdt.G/2013/PA.Kab.Mlg. TENTANG PEMBAGIAN HARTA BERSAMA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Skipsi ini adalah hasil penelitian pustaka dengan judul “Analisis Yuridis Terhadap Putusan Pengadilan Agama Kabupaten Malang No. 6091/Pdt.G/2013/PA. Kab. Mlg. Tentang Pembagian Harta Bersama”.untuk menjawab: 1. Apa Pertimbangan Hakim dalam Memutus perkara harta bersama (Gono Gini) pada Kasus 6091/Pdt.G/2013/PA.Kab.Mlg? 2. Bagaimana analisis yuridis terhadap putusan Pengadilan Kabupaten Malang putusan Nomor 6091/Pdt.G/2013/PA.Kab.Mlg?Guna menjawab permasalahan di atas, metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah mengunakan metode deskriptif analisis dengan pola deduktif, yaitu metode yang diawali dengan mengemukakan teori-teori yang bersifat umum tentang tentang harta bersama, Undang-undang dan kompilasi Hukum Islam untuk selanjutnya diterapkan pada yang khusus. Data yang diperoleh dari putusan Hakim terhadap permohonan harta bersama di Pengadilan Agama Kabupaten Malang Nomor : 6091/Pdt.G/2013/PA.Kab.Mlg, yang mana menetapkan bagian suami lebih besar dalam pembagian harta bersama.Isi dalam putusan No. 6091/Pdt.G/2013/PA.Kab.Mlg. adalah suami menggugat cerai terhadap istri. Pembahasan dalam skripi ini, menitik beratkan pada pembagian harta bersama yang mana harta bersama tersebut hasil dari suami istri selama dalam ikatan perkawinan namun ketika terjadi perceraian harta bersama yang berupa sebuah tanah seluas 114 M2 dan diatasnya berdiri sebuah bangunan, yang terletak di Jalan Raya Sengkaling Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang, melihat perkara ini majlis hakim mempunyai pertimbangan bahwasannya walaupun kaduanya (suami istri) ikut andil dan berpartisipasi dalam perolehan harta bersama namun suami yang lebih berhak mendapatkan bagian yang lebih besar dari istri karena istri telah menguasai harta bersama tersebut selama 2 tahun serta harta bersama tersebut di jadikan lahan usaha oleh istri akan tetapi hasil dari usaha tersebut tidak dibagi kepada suami. Pembagian harta bersama yang tidak seusai dengan ketentuan KHI Pasal 97 “janda atau duda cerai masing-masing berhar seperdua dari harta bersama sepanjang tidak ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan, dengan dasar keadilan dan mengesampingkan KHI. Maka hakim memberikan putusan suami mendapat bagian lebih besar dari istrinya yaitu 2/3 untuk suami dan 1/3 untuk istri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Makinuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidi, Abdul Mufidmufidrosyidi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perdata Islam
Keywords: Pengadilan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Rosidi Abdul Mufid
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:10
Last Modified: 24 Aug 2016 03:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item