STIMULASI KECERDASAN SPIRITUAL ANAK PERIODE PRANATAL PERSPEKTIF ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI MASYARAKAT DESA KENONGO KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Siti Mubarokatul (2016) STIMULASI KECERDASAN SPIRITUAL ANAK PERIODE PRANATAL PERSPEKTIF ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI MASYARAKAT DESA KENONGO KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya orang tua yang belum mengetahui tentang stimulasi kecerdasan spiritual pada periode pranatal, mereka baru memulai hal itu saat anak telah lahir ke dunia. Padahal kecerdasan spiritual sudah ada sejak peniupan roh pada janin, sehingga sudah dapat distimulasi. Dengan menerapkan stimulasi tersebut pada anak sejak periode pranatal, orang tua telah menyiapkan keturunan yang berkualitas. Memberikan stimulasi kecerdasan spiritual pada anak pranatal akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya ketika sudah lahir nanti. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep stimulasi kecerdasan spiritual anak periode pranatal perspektif Islam?. (2) Bagaimana Implementasi stimulasi kecerdasan spiritual anak periode pranatal di Masyarakat Desa Kenongo, kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo? Apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi stimulasi kecerdasan spiritual anak periode pranatal di Masyarakat Desa Kenongo, kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo? Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif yang menggunakan dua metode yaitu: Library Research dan penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaaan. Adapun data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis diskriftif kualitatif dengan pertimbangan bahwa penalitian ini berusaha menggambarkan dan mempresentasikan data secara sistematis, ringkas, dan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep stimulasi kecerdasan spiritual anak periode pranatal dalam perspektif islam meliputi segala aktivitas jasmani atau rohani yang dilakukan oleh orang tua untuk menstimulasi kecerdasan spiritual anak sejak periode pranatal dengan tujuan mengharap ridho Allah swt. (2) Pemahaman ibu hamil di Desa Kenongo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo mengenai stimulasi kecerdasan spiritual cukup baik, mereka telah menggunakan berbagai metode dan materi untuk menstimulasi anaknya sejak periode pranatal.(3) faktor yang mendukung ibu hamil dalam mengimplementasikan stimulasi kecerdasan spiritual adalah pendidikan dan keagamaan yang baik, Faktor lingkungan tempat tinggal, faktor Kondisi atau suasana keluarga yang harmonis. Sedangkan faktor penghambatnya ialah pendidikan dan keagamaan yang kurang, keadaan fisik maupun emosi yang kurang stabil, dan kurangnya dukungan dari orang sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Siti Mubarokatulsitimubarokatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Kecerdasan
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan anak; pendidikan islam; anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lutpiyah Siti Mubarokatul
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:53
Last Modified: 24 Aug 2016 06:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11906

Actions (login required)

View Item View Item