NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL DALAM MIHRAB CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Hasnia (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL DALAM MIHRAB CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Akhlak menempati posisi yang sangat penting, karena akhlak merupakan refleksi dari kebersihan jiwa dan budi pekerti seorang manusia, cermin dari pemahaman dan implementasi ketaatan manusia terhadap nilai-nilai agama, sehingga dibutuhkan pendidikan akhlak bagi anak sejak usia dini.Pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dalam pelaksanaan proses pendidikan, dibutuhkan strategi dan metode yang menarik dengan media yang variatif, agar peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari ilmu akhlak secara mendalam, sehingga berdampak pada perubahan perilaku menjadi lebih baik dalam pengamalan dari setiap pengetahuan dan keyakinan yang mereka miliki. Adapun yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah penggunaan novel sebagai media pembelajaran dalam konteks pendidikan akhlak. Skripsi ini dibuat dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana unsur intrinsik yang terkandung dalam novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy? (2) Bagaimana nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy? (3) Bagaimana ekspresi pengungkapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy?Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi dengan metode deskriptif dan interpretasi. Kemudian, penelitian ini dibangun berdasarkan hubungan korelatif dua sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy dan data sekundernya berupa buku-buku yang relevan dengan objek permasalahan yang diteliti. Dari hasil analisis, terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy yang terbagi menjadi tiga, yaitu Akhlak terhadap diri sendiri, Akhlak terhadap Allah dan Rasul-nya, dan akhlak terhadap sesama manusia. Akhlak terhadap diri sendiri meliputi semangat menuntut ilmu, kemandirian, bersikap optimis, tanggung jawab, dan kejujuran. Akhlak terhadap Allah dan Rasulnya meliputi Rajin shalat berjama’ah, memuliakan Rasul, ikhlas, sabar, taubat, syukur, upaya meningkatkan ketaqwaan, dan tawakkal. Sedangkan akhlak terhadap sesama manusia meliputi saling menghormati, tolong menolong, menepati janji, tawadhu, berprasangka baik, dermawan, menebarkan salam, dan musyawarah. Dari hasil analisis, juga terdapat ekspresi pengungkapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy yaitu meliputi metode kisah, metode pembiasaan, dan metode memberi nasihat.Dalam pembahasan skripsi ini, tentu masih belum sempurna. Oleh sebab itu, diharapkan kepada para peneliti yang akan datang untuk mengadakan penelitian sejenis dengan skripsi ini dengan pembahasan yang lebih fokus dan sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, HasniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Pendidikan Akhlak; Novel.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfa Hasnia
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:53
Last Modified: 23 Aug 2016 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item