BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN CARD ATENSI DALAM MENINGKATKAN BELAJAR PADA ANAK SLOW LEARNER DI SDN 3 WADENG SIDAYU GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimatur, Zeny Rohmah (2016) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN CARD ATENSI DALAM MENINGKATKAN BELAJAR PADA ANAK SLOW LEARNER DI SDN 3 WADENG SIDAYU GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses bimbingan dan konseling Islam dengan card atensi dalam meningkatkan belajar pada anak slow learner DI SDN 3 Wadeng Sidayu Gresik, (2) Bagaimana hasil bimbingan dan konseling Islam dengan card atensi dalam meningkatkan belajar pada anak slow learner di SDN 3 Wadeng Sidayu Gresik Dalam membahas dan mengkaji permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi yang melibatkan beberapa pihak, yaitu orang tua konseli, wali kelas konseli, teman konseli. Setelah data terkumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil dengan menggunakan analisa data deskriptif komperatif yaitu membandingkan kondisi sebelum dan sesudah pelaksanaan proses konseling.Dalam penelitian ini konselor menggunakan alat berupa card atensi dengan pendekatan CBT. Card Atensi berfungsi sebagai alat peraga yang digunakan oleh konselor untuk mempermudah dalam mengeksplorasi diri konseli untuk lebih memahami proses analisa perkembangan belajar. Jadi, tujuanya membantu konseli dalam mengubah proses berfikir dan membentuk prilaku yang lebih baik lagi yaitu terus meningkatkan minat belajar agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkunganya. Dari teknik CBT, konselor memberikan teknik dari behaviour yakni berupa reward dan punishment agar konseli minat untuk belajar.Hasil akhir dari proses konseling dalam penelitian ini dikategorikan berhasil, yang mana hasil tersebut dilihat dari perubahan pada cara berfikir dan sikap konseli yang sudah lebih baik. Dilihat dari hasil card atensi dan mekanisme yang sudah diberikan kepada konseli, ia condong pada mekanisme card atensi yang mengontrol dan merencanakan tindakan. Jadi, dari card atensi tersebut konseli sudah bisa melakukan tindakan yang lebih baik dan bisa meningkatkan kemajuan belajar dirinya sendiri melalui media tersebut. Diantaranya juga melalui terapi CBT konseli sudah mulai menyadari bahwa selama ini tindakan yang dilakukan kurang baik, konseli yang awalnya tidak mau untuk belajar, belajar hanya saat UNAS, konseli sudah berkonsentrasi saat proses pembelajaran, mulai mengurangi mengganggu temanya saat dikelas. Namun saat ini konseli sudah minat untuk meningkatkan belajar agar bisa menyesuaikan diri dengan teman-temanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimatur, Zeny Rohmahfatimaturrohmah14@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Belajar
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Card Atensi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rohmah Zeny Fatimatur
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:27
Last Modified: 23 Aug 2016 08:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item