PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA KELAS III MI TARBIYATUS SHIBYAN PETUNG PANCENG GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Minha (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA KELAS III MI TARBIYATUS SHIBYAN PETUNG PANCENG GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Wayang Kertas Berdasarkan realita di lapangan bahwa dalam pembelajaran SKI materi sejarah
kelahiran Nabi Muhammad saw pada siswa kelas III MI Tarbiyatus Shibyan, guru hanya
bercerita tanpa menggunakan media-media yang mampu membangkitkan semangat belajar
siswa, hal ini membuat pemahaman siswa terhadap materi menjadi rendah sehingga hasil
belajarnya tidak memenuhi KKM yang ditentukan. Berpijak dari latar belakang tersebut maka
peneliti memunculkan media wayang kertas sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan
untuk meningkatkan pemahaman siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni: (1) Bagaimana penerapan media wayang kertas dalam meningkatkan pemahaman materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad saw pada
siswa kelas III MI Tarbiyatus Shibyan Petung Panceng Gresik (2) Bagaimana peningkatan
pemahaman materi sejarah kelairan Nabi Muhammad saw pada siswa kelas III MI Tarbiyatus
Shibyan Petung Panceng Gresik dengan menggunakan media wayang kertas. Penelitian ini menggunakan rencana penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Konsep pokok action research menurut Lewin terdiri dari empat komponen, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) Tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi
(reflecting), hubungan antara keempat komponen tersebut menunjukkan sebuah siklus. Dalam
pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Media pembelajaran yang digunakan berjalan dengan baik dan terdapat peningkatan pada tiap siklusnya. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I mencapai skor 81 dengan kriteria baik dan siklus II 94 dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil observasi aktifitas guru pada siklus I mencapai skor 79 dengan kriteria baik dan siklus II 94 dengan kriteria sangat baik. Selain itu peningkatan pemahaman siswa pun menjadi lebih baik, hal tersebut ditunjukkan pada meningkatnya nilai rata-rata siswa dari siklus I mencapai angka 74 dengan kriteria baik mencapai prosentase 47%, pada siklus II nilai rata-rata
menjadi 91 dengan kriteria sangat baik mencapai prosentase 93%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Minhami2n.star@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman; Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW; Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Haula Min
Date Deposited: 24 Aug 2016 01:35
Last Modified: 24 Aug 2016 01:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item