TAHLIL KITAAB TA'LIIM AL LUGHOH AL 'AROBIYYAH BI MANHAJ AL DIROOSAH 2013 LI AL FASHL AL 'ASYIR LI THOBA'AH WUZAROH AL DIINIYYAH SANAH 2014 : DIROOSAH TAHLILIYAH BI NADHRIYAH MACKEY

Azizah, Mutiatul (2016) TAHLIL KITAAB TA'LIIM AL LUGHOH AL 'AROBIYYAH BI MANHAJ AL DIROOSAH 2013 LI AL FASHL AL 'ASYIR LI THOBA'AH WUZAROH AL DIINIYYAH SANAH 2014 : DIROOSAH TAHLILIYAH BI NADHRIYAH MACKEY. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif dan keberhasilan peserta didik dalam belajar ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain adalah faktor raw input (faktor dari murid), faktor inveronmental input (faktor lingkungan) dan instrumental input. Faktor instrumental input terdiri dari kurikulum, bahan ajar, sarana prasarana dan guru yang profesional. Jika semua faktor tersebut menunjang pembelajaran maka akan tercapailah kegiatan pembelajaran yang efektif. Dalam hal ini bahan ajar mempunyai peran penting dalam mencapai keberhasilan belajar. Maka pembelajaran akan berjalan dengan efektif jika bahan ajar yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Semenjak pergantian kurikulum 2013 ada beberapa perubahan yang terjadi pada unsur-unsur pembelajaran, salah satunya adalah bahan ajar. Buku teks yang digunakan peserta didik di sekolah pada saat ini juga mengacu pada kurikulum 2013. Dengan adanya pembaharuan tentu semua unsur pembelajaran harus dievaluasi, agar semua kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif. Sehingga peneliti tertarik untuk menganalisis buku bahan ajar bahasa arab berdasarkan teori Mackey. Teori tersebut digunakan untuk menganalisis bahan ajar bahasa yang terdiri dari aspek seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : a) gambaran penyajian buku pelajaran bahasa arab kelas x, b) kelebihan dan kekurangan pada buku dan c) kesesuain penyajian buku dengan teori Mackey. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bersifat literer yang berorientasi pada kerangka ilmiah secara pragmatis (abstrack-teoritis, bukan secara empiris). Maka secara operasioal penulisan skripsi ini berdasakan kepada metode penelitian kualitatif yang pengambilan datanya berdasarkan riset kepustakaan. Teknik yang digunakan adalan analisis isi (content analysis). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut sudah memenuhi Kriteria teori Mackey dengan baik. Hal ini ditunjukkan pada aspek seleksi telah memenuhi kriterianya diantaranya adanya kesesuaian antara materi dengan tujuan pembelajaran, materi dipilih berdasarkan kemampuan awal siswa, prioritas kebergunaan dan kemungkinan untuk dipelajari. Pada aspek gradasi materi disajikan dengan baik berdasarkan prinsip yang sederhana ke yang kompleks dan sesuai kebutuhan siswa. Pada aspek presentasi materi disajikan dengan baik disertakan gambar sebagai bahan pendukung. Terakhir adalah terpenuhi aspek repetisi yang baik dimana terdapat latihan yang produktif dan mencakup empat keterampilan berbahasa sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azizah Mutiatul
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:33
Last Modified: 23 Aug 2016 06:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item