TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JANGKRIK DENGAN SISTEM PERKIRAAN DI DESA KACANGAN KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

Arifin, Nizar (2016) TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI JANGKRIK DENGAN SISTEM PERKIRAAN DI DESA KACANGAN KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali, dengan judul “Tinjauan Maslahah Mursalah terhadap Praktik Jual Beli Jangkrik dengan Sistem Perkiraan di Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalan dua rumusan masalah yaitu: bagaimana praktik jual beli jangkrik dengan sistem perkiraan di Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali? dan bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap praktik jual beli jangkrik dengan sistem perkiraan di Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali? Dalam menyelesaikan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan terakhir dengan telaah pustaka kemudian diolah dengan cara editing, dan organizing, dan serta menganalisis dengan menggunakan kaidah-kaidah dan dalil-dalil yang berkaitan dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa jual beli jangkrik di Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali, penjual jangkrik melayani pembeli dengan sistem perkiraan yaitu jumlah jangkrik dikiira-kira sesuai dengan harga permintaan dari pembeli lalu jangkrik dimasukkan kedalam kantong plastik. Dalam permintaan dengan harga yang sama selanjutnya, tidak bisa dipastikan jumlah jangkrik akan sama seperti perkiraan sebelumnya. Praktik seperti ini dilatarbelakangi karena pada awalnya penjual jangkrik melayani pembeli dengan hitungan ekor perekor jangkrik yang membuat penjual kesulitan dalam perhitungannya, sedangkan penanganan jangkrik memerlukan waktu yang cepat demi kemaslahatan nyawa jangkrik, di sisi lain pembeli sudah banyak yang mengantri. Untuk lebih efektif maka diubahlah cara penjualannya dengan sistem perkiraan dimana pihak penjual dan pembeli sepakat dengan cara itu. Ditinjau berlandaskan analisis maslahah mursalah, praktik penjualan jangkrik seperti ini sejalan dengan kehendak syariat yaitu untuk menjaga nyawa (Hifz an-Nafs) bagi jangkrik, kemaslahatan seperti ini bersifat rasional dapat diterima oleh akal berdampak pada kemudahan penjual dalam pelayanan dan keefektifan waktu bagi penjual dan pembeli. Dari hasil penelitian di lapangan dengan tinjauan maslahah mursalah, penulis menyimpulkan bahwa praktik jual beli jangkrik dengan sistem perkiraan di Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali perlu dilakukan demi kemaslahatan bersama. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan kepada pihak pembeli agar menangguhkan penerimaan jangkrik jika dirasa jumlah jangkrik kurang sesuai sebagaimana biasanya kemudian melakukan tawar-menawar jumlah dan harga jangkrik sampai kedua belah pihak saling rela, dan pembeli diharapkan lebih toleran karena pelayanan penjualan jangkrik dengan sistem perkiraan tidak memungkinkan untuk mendapatkan jumlah yang pasti.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Arifin Nizar
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:45
Last Modified: 24 Aug 2016 04:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item View Item