FA'ALIYAH ISTIKHDAM WASILAH SWISHMAX LI TARQIYAH MAHARAH QIRA'AH LI THULLAB BI MADRASAH TARBIYATUL ISLAM AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYYAH SOKO TUBAN

Mu’amanah, Siti (2016) FA'ALIYAH ISTIKHDAM WASILAH SWISHMAX LI TARQIYAH MAHARAH QIRA'AH LI THULLAB BI MADRASAH TARBIYATUL ISLAM AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYYAH SOKO TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang harus dimiliki siswa dalam belajar bahasa Arab, kita mengetahui bahwa keterampilan membaca merupakan hal yang urgen dalam mempelajari bahasa karena membaca dapat membantu siswa untuk mengembangkan pemikiran dan menambah wawasan. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran membaca adalah media swishmax. Swishmax merupakan program pembuat animasi untuk menghasilkan animasi Flash tanpa menggunakan Adobe Flash. Swishmax relatif lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Macromedia Flash, sehingga memudahkan peneliti dalam penggunaannya dan dapat menciptakan banyak animasi seperti animasi teks, gambar, lukisan, suara, dan lain-lain. Penggunaan media ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa secara mandiri dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui efektifitas penggunaan media Swishmax untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban yang berjumlah 144 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 35 siswa. Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah : (1) Bagaimana penggunaan media Swishmax dalam pembelajaran keterampilan membaca siswa di MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban? (2) Bagaimana keterampilan membaca siswa di MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban? (3) Bagaimana efektifitas penggunaan media Swishmax untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban?. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Angket, (4) Dokumentasi, (5) Tes. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan Uji-T adalah t0 sebesar 13,36 dan tt dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,03 yang menunjukkan bahwa t0 > tt (13,36 > 2,03). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas dalam penggunaan media Swishmax untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Swishmax; Keterampilan Membaca
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MUAMANAH SITI
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:12
Last Modified: 23 Aug 2016 03:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item