FA'ALIYAH ISTIKHDAM USTHAWANAH AL TAFA'ULIYAH LI TARQIYAH MAHARAH AL ISTIMA' WA AL KALAM LI THULAB AL FASHAL AL 'ASYIR BI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL HUKUMIYAH AL ISLAMIYAH LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryanto, Ardiansyah Bagus (2016) FA'ALIYAH ISTIKHDAM USTHAWANAH AL TAFA'ULIYAH LI TARQIYAH MAHARAH AL ISTIMA' WA AL KALAM LI THULAB AL FASHAL AL 'ASYIR BI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL HUKUMIYAH AL ISLAMIYAH LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Mendengar merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang harus dimiliki siswa dalam belajar bahasa Arab. Kita mengetahui bahwa keterampilan berbicara merupakan hal yang sangat urgen dalam mempelajari bahasa karena mendengar adalah aspek pertama seseorang belajar tentang bahasa. Inti bahasa adalah alat komunikasi. Baik-buruknya kita berkomunikasi dalam sebuah pembicaraan sangat dipengaruhi oleh input suara yang diterima. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran mendengar adalah Makromedia Flash. Media ini merupakan software untuk belajar bahasa yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif. Metode belajar ini sangat mudah dimengerti karena dilengkapi dengan audio visual. Sistem belajar mengunakan text, gambar dan suara. Media ini tidak hanya untuk pembelajaran kelompok, tetapi juga bisa digunakan untuk pembelajaran mandiri. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui efektifitas media CD Interaktif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pengembangan ketrampilan mendengar dan berbicara. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana kemampuan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas X MAN Lamongan, 2). Bagaimana penerapan penggunaan CD Interaktif untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas X MAN Lamongan, 3). Bagaimana efektifitas CD Interaktif untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas X MAN Lamongan. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah : (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumen, (4) Angket, (5) Ujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CD Interaktif terbukti efektif hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus Ttest yang menujukkan bahwa Thitung (3,225) > Ttabel (2,021) dengan tingkat signifikansi (2-Tailed) 0.003 < 0,005. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Penggunaan CD Interaktif efektif untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas X MAN Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryanto, Ardiansyah Bagusardiansyahbagus110@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; media; makro flash
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Suryanto Ardiansyah Bagus
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:31
Last Modified: 23 Aug 2016 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item