Studi tentang pemahaman dan perilaku keagamaan siswa tunanetra di SMPLB-A YPAB Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bais, Achmad (2016) Studi tentang pemahaman dan perilaku keagamaan siswa tunanetra di SMPLB-A YPAB Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Umat beragama, baik itu dari Umat Muslim, Umat Hindu, Umat Kristiani, Umat Yahudi,Umat Budha, Umat Konghuchu dan lain sebagainya harus total dalam menjalankan agamanya, baik itu dari segi peribadatan, pemahaman dan penghayatan agamanya juga tidak lupa mengenai pengetahuan tentang agamanya. Kesemuanya itu bisa di capai oleh mereka yang berfisik sempurna. Akan tetapi, bagaimana dengan mereka umat beragama yang secara fisik kurang sempurna semisal penyandang tunanetra, dengan keterbatasan yang mereka miliki, apakah mereka dalam memahami dan mendalami agamanya tidak setotal atau se-komprehensif manusia yang berfisik sempurna pada umumnya. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui bagaimana pemahaman dan perilaku keagamaan dari tunanetra, yang mana dalam hal ini untuk mengetahui tentang bagaimana pemahaman dan perilaku keagamaan dari tunanetra maka peneliti disini menggunakan lima dimensi kegamaan yang diuraikan oleh Charles Glock dan Rodney Stark, yaitu : 1) dimensi keyakinan, 2) dimensi praktek agama, 3) dimensi pengamalan, 4) dimensi penghayatan dan 5) dimensi pengetahuan keagamaan. Di sini penulis merumuskan dua permasalahan yakni bagaimana pemahaman keagamaan dari tunanetra dan juga bagaimana perilaku keagamaan dari tunanetra. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengamati keseharian dari siswa siswi tunanetra di SMPLB A YPAB, wawancara dengan siswa dan siswi penyandang tunanetra dan juga guru guru yang ada di SMPLB A YPAB beserta dengan dokumentasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama, pengolahan datanya secara kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemahaman keagamaan dari Siswa dan siswi tunanetra di SMPLB A YPAB adalah baik dan sama halnya dengan orang normal pada umumya, mereka memiliki pengetahuan dan pemahaman keagamaan yang sama baiknya dengan anak – anak normal pada umumnya . Pemahaman keagamaan yang mereka miliki berasal dari kedua orang tuanya, sejak kecil anak – anak tunanetra sudah dididik dan diberi pelajaran oleh orang tuanya mengenai agama. Sama halnya dengan pemahaman keagamaan, perilaku keagamaan dari para siswa dan siswi tunanetra di SMPLB A YPAB juga sama baiknya dengan anak – anak yang normal pada umumnya, meskipun dengan keterbatasan yang mereka miliki terkadang mereka juga tidak konsisten dalam melakukan kegiatan ibadah mereka sehari – hari seperti sholat dan membaca al Quran. Sedangkan, seperti yang dikemukakan oleh Charles Glock dan Rodney Stark mengenai lima dimensi Agama, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dan siswi SMPLB A YPAB telah memiliki tiga dimensi dari kelima dimensi Agama yang telah disebutkan oleh Charles Glock dan Rodney Stark ,yakni dimensi pengetahuan, keyakinan dan juga dimensi praktek .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bais, Achmadachmadbais@gmail.comE02212018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Agama
Perilaku
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Bais Achmad
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:16
Last Modified: 07 Nov 2019 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item