RAGAM MOTIVASI TADARUS AL-QURAN DI RUMAH SISWA SMP KHADIJAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifuddin, Mochammad (2016) RAGAM MOTIVASI TADARUS AL-QURAN DI RUMAH SISWA SMP KHADIJAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah umum yang sudah ada di dalam masyarakat yaitu semakin kurangnya generasi muda khususnya anak usia sekolah dalam mencintai Al-Quran. Hal itu tentu berdampak buruk bagi perkembangannya di masa depan. Penyimpangan tersebut tidak akan terjadi jika seseorang sudah terbiasa dari kecil mencintai Al-Quran. Oleh sebab itu, diperlukan pembiasaan-pembiasaan agar seseorang cinta dengan Al-Quran, salah satunya dengan tadarus Al-Quran. Sekolah-sekolah yang berbasis Islam di masa kini tidak hanya mengajarkan pelajaran umum dan agama, tetapi juga mengajarkan pelajaran Al-Quran dengan tujuan agar siswanya cinta kepada Al-Quran. Dengan cara itulah siswa bisa lebih cinta dan semangat untuk mempelajari Al-Quran. Dalam mempelajari Al-Quran, tentu mereka akan membacanya atau bisa disebut tadarus Al-Quran sesering mungkin kemudian mempelajari kandungan maknanya. Dari uraian di atas, cara untuk membuat anak-anak semakin cinta kepada Al-Quran adalah dengan tadarus Al-Quran. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah motivasi di balik tadarus Al-Quran mereka, sehingga jika memang motivasinya belum tepat maka bisa diarahkan ke arah yang tepat. Oleh sebab itu, peneliti mengadakan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan tadarus Al-Quran siswa SMP Khadijah Surabaya di rumah? (2) Bagaimana motivasi siswa SMP Khadijah Surabaya dalam bertadarus Al-Quran di rumah? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik interview atau wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti, pertama peneliti melakukan observasi lapangan, kemudian menyebarkan angket, dan setelah itu melakukan wawancara dengan wali murid siswa. Kemudian hasil dari angket dibuat deskripsi dengan ditambah hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tadarus Al-Quran siswa sudah baik dan istiqomah setiap minggunya dan motivasi siswa bertadarus sangatlah baik untuk terus dipertahankan. Hal itu tentu tak lepas dari peran orang tua yang di dalamnya berperan sebagai motivator dan suri tauladan anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifuddin, Mochammadmochammadsyarifuddin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Uncontrolled Keywords: Tadarus; Al Qurán; motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarifuddin Mochammad
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:10
Last Modified: 23 Aug 2016 03:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item