TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DESA KEBOGUYANG TENTANG KASUS PERKAWINAN LOTRE DI DESA KEBOGUYANG KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaman, M. Qomarudin (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DESA KEBOGUYANG TENTANG KASUS PERKAWINAN LOTRE DI DESA KEBOGUYANG KECAMATAN JABON KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pandangan Tokoh Masyarakat Desa Keboguyang Tentang Kasus Perkawinan Lotre di Desa Keboguyang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Rumusan masalah adalah bagaimana pandangan tokoh masyarakat tentang pelaksanaan perkawinan Lotre di Desa Keboguyang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo? bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pandangan tokoh masyarakat tentang pelaksanaan perkawinan Lotre di Desa Keboguyang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif (kualitatif) karena dalam penelitian ini tidak berhubungan dengan angka-angka. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dan studi dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif. Pandangan tokoh masyarakat tentang perkawinan lotre terdapat dua perbedaan pendapat. Pandangan tokoh masyarakat Desa Keboguyang tentang kasus perkawinan lotre terdapat dua perbedaan pendapat. Sebagian tokoh masyarakat setuju terhadap pelaksanaan perkawinan lotre dengan catatan perkawinan ini dilaksanakan demi untuk kemaslahatan bersama, dan juga sudah dimusyawarahkan dari pihak-pihak yang bersangkutan, selama hal itu tidak melanggar syari’at maka bolehlah untuk dilakukan. Dan sebagian tokoh masyarakat tidak setuju terhadap pelaksanaan perkawinan lotre karena perkawinan lotre ini sama halnya dengan mengundi nasib, yang mana perbuatan mengundi nasib adalah hukumnya haram. Sebagaimana yang dijelaskan dalam ayat al-Qur’an surat al-Maidah ayat 90-91. Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan perkawinan lotre untuk kemaslahatan dan menghindari dampak negatif yang tidak diinginkan. Pelaksanaan perkawinan lotre ini telah sejalan dengan tujuan maqasid al-shari‘ah dan maslahah mursalah yaitu terpeliharanya jiwa dan keturunan kepada bayi tersebut. Hal ini termasuk al-maslahah al-daruriyyah yakni kemaslahatan yang menjadi dasar tegaknya kehidupan asasi manusia, tepatnya dalam memelihara jiwa dan keturunan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaman, M. Qomarudinqoumeareq@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Uncontrolled Keywords: Perkawinan lotere
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Zaman M. Qomarudin
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:39
Last Modified: 22 Aug 2016 08:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11757

Actions (login required)

View Item View Item