FA'ALIYAH TATHBIQI TAHRIQAH AT TA'LIMI AT TAFSIRI (GENERATIF) LITARQIYATI MAHARATI AL QIRAAH LI ATH THALIBAH SHOFFI AL 'ASYIRI BIMADRASAH PROGRESIF ATS TSANAWIYAH LEBO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Dewi Nur (2016) FA'ALIYAH TATHBIQI TAHRIQAH AT TA'LIMI AT TAFSIRI (GENERATIF) LITARQIYATI MAHARATI AL QIRAAH LI ATH THALIBAH SHOFFI AL 'ASYIRI BIMADRASAH PROGRESIF ATS TSANAWIYAH LEBO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Penyebaran bahasa Arab di Indonesia tak lepas dari perjuangan para ulama’ muslim pada zaman dahulu. Dan bahasa menjadi salah satu mata pelajaran yang penting di sekolah-sekolah dan pesantren-pesantren Islam sebagai wujud perkembangan pembelajaran bahasa Arab. Metode pembelajaran merupakan variasi, syarat, dan unsur yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran sehingga tercipta interaksi sebagai proses pembelajaran yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dan guru diharuskan untuk memahami macam-macam metode pembelajaran bahasa Arab beserta implementasinya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti ingin menerapkan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris, yaitu menggunakan metode pembelajaran Generatif. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dan model penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Peneliti menetapkan hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini, bahwa terdapat hubungan antara penerapan metode pembelajaran Generatif (Variabel X) dengan keterampilan membaca siswa kelas X (Variabel Y). Dan sebaliknya untuk hipotesis akhir (Ho). Dan penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut: Observasi, Wawancara, Angket dan Tes.
Penerapan metode pembelajaran Generatif di sekolah ini menjadi metode yang sesuai untuk diterapkan dan efektif, karena siswa merasa senang saat mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas. Efektititas penerapan metode ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa setelah diterapkan metode generatif dan dengan hasil analisis data penelitian bahwa nilai T Hitung (t0) 10,72 lebih besar dari T Tabel (tt) 2,861, hal ini menunjukkan bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dan kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya efektifitas yang kuat dengan penerapan metode Generatif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas X di SMA Progresif Bumi Sholawat Lebo, Sidoarjo. Disarankan kepada para peneliti selanjutnya untuk menerapkan metode-metode pembelajaran yang bervariatif karena variasi penerapan metode pembelajaran bahasa Arab masih jarang dan kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Dewi Nurnurlaili.dnl@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Uncontrolled Keywords: Metode generative; keterampilan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: laili dewi nur
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:22
Last Modified: 22 Aug 2016 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item