Solidaritas pedagang ikan pasca relokasi di pasar baru Porong Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ach, Rodhi (2016) Solidaritas pedagang ikan pasca relokasi di pasar baru Porong Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach. Rodhi_B05211002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pola solidaritas pedagang ikan di pasar baru porong. Komunitas yang terbentuk dari keadaan dan kondisi yang sama. Dengan tujuan yang sama pula, berbagai pedagang yang berjualan di pasar ini selalu menjaga hubungan baik antara mereka. Bahkan tidak jarang mereka saling membantu satu sama lain, persaingan usaha pasti ada, namun untuk persaingan tetaplah dengan cara sehat. Adapun pola solidaritas yang terbangun dalam kelompok ini adalah membuat comunitas pembibitan ikan dan suplai ikan pada setiap anggotanya, mengadakan iuran wajib untuk membantu para korban sosial, solidaritas dalam bentuk hajatan, dan solidaritas keagamaan dalam bentuk acara manaqiban, adapaun solidaritas dalam bentuk kerjasama dengan pihak lain yaitu dinas perikanan kota sidoarjo yang mempunyai program untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat, dan yang terahir adalah solidaritas ekonomi dalam bentuk pemberian informasi dan pemodalan usaha sesama pedagang ikan. Pasca relokasi yang dari pasar yang lama, membuat pedagang kesulitan. Kesulitan dirasa paling berat adalah sepinya pembeli, dan tempat jualan yang kurang strategis. Selain itu pelanggan yang sebelumnya ramai membeli juga hilang. Sehingga para pedagang harus mulai dari awal, tampa ada pelanggan serta ditempat yang baru pula. Atas kesulitan yang dihadapi tersebut, para pedagang pedagang semakin kompak. Untuk mendapatkan pelanggan baru, serta membuat pasar baru menjadi ramai, sama ketika saat dipasar lama. Faktor pendorong masyarakat untuk memilih berusaha pada pedagang ikan di pasar baru porong antara lain disebabkan karena: (1) terjadinya relokasi tempat dimana dahulu berada di sebelah timur sekarang pindah di sebelah barat dikarenakan kena dampak lumpur lapindo. (2) terjadinya bencana lumpur lapindo yang menjadikan menurunya pendapatan ekonomi (3) belum terlakasananya ganti rugi secara menyeluruh dari pihak yang bersangkutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nur Mazidah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ach, Rodhiachmad_rodhi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Dagang
Ikan
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Solidaritas; pedagang ikan; pasca relokasi; pasar
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: rodhi ach.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:12
Last Modified: 13 Nov 2018 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item