EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI SMP WACHID HASYIM 2 SURABAYA

Dahlia, Jannatut (2016) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI SMP WACHID HASYIM 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan masalah pendidikan, Masalah yang kerap timbul disekolah ketika proses belajar mengajar salah satunya yaitu bagaimana upaya guru memberikan pemahaman kepada siswa menganai pelajaran yang telah diajarkan. Dengan memberikan pemahaman kepada siswa itu, maka diharapkan materi yang di ajarkan tersimpan lebih lama didalam ingatan siswa. Selain memberikan pemahaman kepada siswa, ketrampilan siswa untuk meyakinkan guru bahwa materi yang di sampaikan oleh guru sudah difahami oleh siswa itu sangat diperlukan oleh guru. Ketrampilan siswa termasuk pada aspek psikomotorik, aspek psikomotorik ini adalah kelanjutan dari aspek kognitif siswa. Dengan demikian masalah yang dibahas disini difokuskan pada bagaimana meningkatkan Aspek psikomotorik siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang bisa mendukung meningkatnya aspek psikomotorik.
Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan model korelasi. Dalam penelitian ini sampel yang ambil yaitu 83 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel, yang pertama yaitu terkait “Media Audio-Visual”, dan yang kedua yaitu “Aspek Psikomotorik”, sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan analisis korelasi, yaitu person correlation product moment untuk mengatahui sejauh mana efektifitas Media Audio-Visual terhadap Aspek Psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Wachid Hasyim 2 Surabaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Media Audio-Visual tergolong cukup baik, dengan instrument angket yaitu 61,4% dan untuk aspek psikomotorik tergolong cukup baik dengan instryumen angket 66,4%. Kemudian untuk analisis tentang efektifitas media audio visual untuk meningkatkan aspek psikomotorik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di SMP Wachid Hasyim 2 Surabaya, diperoleh penghitungan r_xy 0,265. Yang kemudian di konsultasikan dengan r_tabel dengan N = 83 dan taraf signifikasi 5% = 0,220. Dengan demikian r_hitung lebih besar dari pada r_tabel, sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: jannatut dahlia
Date Deposited: 22 Aug 2016 05:05
Last Modified: 22 Aug 2016 05:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item