ANALISA SURAT AL FATH DARI SEGI KLASIFIKASINYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supangat, Imam (1994) ANALISA SURAT AL FATH DARI SEGI KLASIFIKASINYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Yang diangkat dalam skripsi ini adalah masalah apa sajakah yang terkandung dalam surat al fath dan apakah isinya mencakup semua masalah ataukah hanya memuat sebagaian masalah saja dari kandungan al qur'an. Masalah apa yang menjadi stressing pembahsan dalam surat al fath.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah untuk mendiskripsikan dan menjelaskan masalah-masalah yang terkandung dalam surat al fath. Untuk menerangkan secara jelas dan rinci, apakah surat al fath mengandung semua masalah atau hanya mengandung sebagaian masalah saja, sebagaimana yang terdapat pada klasifikasi isi kandungan al qur'an. Untuk mengungkapkan stressing masalah yang terkandung dalam dalam surat al fath.
Metode yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini adalah metode kualitatif tahlili yang pada akhir pembahasan dapat disimpulkan bahwa diantara masalah-masalah yang terkandung dalam surat al fath adalah berita gembira bahwa nabi Muhammad saw akan memperoleh kemenangan yang nyata dan agama Allah menjadi agama yang mulia dan kuat. Janji Allah kepada orang-orang mukmin dan ancaman nya kepada orang-orang kafir dan munafik. Mencela orang-orang arab aslam, muzainah, juhainah, ghifar yang tidak mau ikut serta bersama rasulullah saw ke mekkah pada tahun 6 h (tahun hudaibiyah). Menyatakan keridlaan Allah kepada para sahabat nabi saw yang telah mengadakan baiatur ridwan di bawah pohon dan menyatakan janji Allah kepada mereka, bahwa mereka diberi surga di akhirat nanti. Berita gembira bahwa mimpi rasulullah pasti akan menjadi kenyataan. Sifat nabi dan orang-orang mukmin yaitu bersikap lemah lembut terhadap sesama mukmin dan berlaku keras terhadap orang-orang kafir. Janji Allah kepada orang-orang mukmin dan beramal shaleh bahwa mereka akan mendapat ampunan dan pahala yang besar.
Dalam kaitannya dengan klasifikasi kandungan al qur'an bahwa surat al fath juga mencakup keseluruhan isi pokok dari kandungan al qur'an, diantaranya masalah tauhid, janji dan ancaman, ibadah, jalan untuk mencapai kebahagiaan, kisah-kisah. Masalah yang menjadi stressing bahasan atau yang menjadi pokok masalah dalam surat al fath adalah mengenai masalah keimanan, hukum dan kisah atau peristiwa yang terjadi pada saat itu, namun yang paling banyak adalah berbicara masalah keimanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Moh. Ihsan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supangat, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Uncontrolled Keywords: Surat Al Fath
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Arsip Ushuluddin
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2014
Last Modified: 30 Jan 2015 09:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11649

Actions (login required)

View Item View Item