Nilai hadits-hadits tentang Lailatul Qodar dalam Sunan Abu Dawud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifah, Dewi (1994) Nilai hadits-hadits tentang Lailatul Qodar dalam Sunan Abu Dawud. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab.2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimanakah nilai atau kwalitas hadis-hadis dalam sunan abu dawud tentang lailatul qodar baik ditinjau dari segi sanad maupun matan hadis serta kehujjahan dan dalalah hadis-hadis dalam sunan abu dawud. Tujuan dari pembahasan ini adalah ingin menyelidiki para perawi hadis lailatul qodar sehingga dapat diketahui mana perawi yang siqoh, kurang siqoh dan tidak siqoh. Ingin menyelidiki apakah sanad dalam hadis lailatul qadar itu bersambung, matannya berillat atau tidak janggal, dan dapat dijadikan hujjah. Pembahasan ini menggunakan metode kepustakaan dengan ditunjang metode historis, deduktif, induktif dan komperatif yang pada akhir pembahasan dapat disimpulkan diantaranya bahwa dari kesepuluh hadis tentang lailatul qodar, yang mungqoti' sanadnya sebanyak 6 hadis. Sedang yang muttasil sebanyak 4 hadis. Untuk matan hadis semuanya shohih. Sedangkan kwalitas perawinya adalah ada yang siqoh dan kurang siqoh. Berdasarkan penilaian dari penelitian terhadap keadaan sanad, para perawi maupun matan hadis tetang lailatul qodar, maka nilainya adalah ada yang hasan lighoirihi dan shohih. Mengenai dalalahnya secara garis besarnya, menyatakan bahwa malam lailatul qodar itu jatuh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan, khususnya malam ganjil. Dan hadis - hadis tersebut dapat dijadikan sebagai hujjah untuk diamalkan karena tidak bertentangan dengan nash - nash yang lebih rojih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifah, Dewi--068910183
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMachrus, Abdulloh----
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadits Lailatul Qodar; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Arsip Ushuluddin
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2014
Last Modified: 27 Mar 2020 08:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item View Item