KONSEP MENJAGA KESEHATAN DALAM AL QUR'AN

Islamiyah, Khurrotul (1997) KONSEP MENJAGA KESEHATAN DALAM AL QUR'AN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah ayat-ayat apa saja yang membicarakan tentang kesehatan dalam al qur'an. Bagaimana sesungguhnya konsep menjaga kesehatan dalam al qur'an. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan ini adalah untuk mengetahui ayat-ayat al qur'an tentang menjaga kesehatan dan menjelaskan bagaimana sesungguhnya konsep menjaga kesehatan dalam al qur'an.
Pembahasan ini menggunakan metode kepustakaan dan didukung oleh metode deduktif, induktif dan komperatif yang menghasilkan kesimpulan diantaranya bahwa ayat-ayat yang membicarakan tentang menjaga kesehatan dalam al qur'an sekurang-kurangnya ada 318 ayat yang meliputi menjaga kesehatan jasmani, yang diantaranya memperhatikan makanan dan minuman ada 134 ayat, kebersihan ada 7 ayat sedangkan tentang istirahat ada 7 ayat. Menjaga kesehatan rohani yang diantaranya melaksanakan sholat ada 84 ayat, menunaikan zakat ada 32 ayat, berpuasa ada 12 ayat serta mohon ampunan dan taubat ada 42 ayat. Dengan demikian al qur'an terhadap menjaga kesehatan adalah termasuk benar.
Penjelasan kesehatan jasmani dalam alquran adalah bahwa anjuran memperhatikan makanan dan minuman adalah supaya tubuh tidak terjangkit oleh penyakit yang diakibatkan oleh makan dan minuman. Istirahat yang cukup untuk mendapatkan kesegaran tubuh setelah lelah bekerja. Kebersihan adalah upaya memelihara kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
Untuk kesehatan rohani bahwa sholat untuk membersihkan jiwa yaitu hati terasa tenang, perasaan aman terlindung. Zakat merupakan kesehatan jiwa yang berupa saling tolong menolong. Puasa, orang yang sehat jiwanya adalah orang yang mampu menguasai dan mengendalikan dorongan-dorongan yang dating dari dalam serta dari luar dirinya. Mohon ampun dan taubat merupakan permbersihan jiwa yang akan menyehatkan iman.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Al Qur'an, Kesehatan
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Kesehatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Arsip Ushuluddin
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2014
Last Modified: 02 Feb 2015 01:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item