DARI WAYANG BUMI KE UPACARA HAUL (studi tentang sejarah perkembangn upcara keagamaan di kelurahan lumpur dank roman, gresik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toha, Muchammad (1994) DARI WAYANG BUMI KE UPACARA HAUL (studi tentang sejarah perkembangn upcara keagamaan di kelurahan lumpur dank roman, gresik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah faktor mana dan alasan apa yang menyebabkan upacara wayang bumi diganti. Aktifitas apa yang dilakukan oleh masyarakat desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik dalam penggantian upcara wayang bumi. Tindakan apa yangdilakukan masyarakat desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik, setelah menghapus upacara wayang bumi tersebut. Apa dampak yang diakibtkan oleh adanya penggantian upacara wayang bumi yang ada di desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik.
Tujuan yang hendak dicapai dalam pembahasan ini adalah untuk mengungkapkan salah satu khsanah budaya atau tradisi masyrakat desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik ke dalam bentuk tulisan. Untuk mengungkapkan tentang berbagai faktor dn sebab yang mengakibatkan digantinya upacara wayang bumi yang ada di desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik. Untuk mengungkapkn dmpak dari danya penggantian upacara wayang bumi bagi masyarakat desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik.
Skripsi ini menggunakan metode studi kualitatif dan sejarah yang menyimpulkan bahwa timbulnya upacara wayang bumi du desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik, berasal dari warisan para leluhur mereka yang dumaksudkan untuk menghormti danyang sing mbuu rekso, agar masyarakat desa lumpur dan desa kroman kecamatan gresik kabupten gresik terbebas dari berbagai macm malapetaka. Melihat kondisi upacara wayang bumi yang dipenuhi dengan perbuatan maksiat dan syirik, maka diadakanlah usaha-usaha penggantian manjadi bentuk upacra yang lebih sesuai dengan ajaran Islam. Yakni berupa upacara khaul yang dimaksudkan untuk memperingti wafatnya Kyai Sindijoyo atas jasa-jasa beliau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toha, MuchammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah
Uncontrolled Keywords: Wayang Bumi; Upacara Haul
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2014
Last Modified: 30 Jan 2015 09:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item