Sejarah masuknya Islam dan perkembangannya dalam masa Kesultanan di Dompu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridwan, M. (1986) Sejarah masuknya Islam dan perkembangannya dalam masa Kesultanan di Dompu. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adaah kapan dan bilamanakah islam itu masuk ke Dompu. Siapakah yang mula-mula membawa dan menyiarkan agama islam ke Dompu. Bagaimanakah cara masuk dan berkembangnya agama islam di Dompu. Faktor apakah yang mendorong masujnya islam ke Dompu. Bagaimana sikap para raja atau sulatan Dompu terhadap keberadaan islam di daerahnya. Tujuanyang hendak dicapai dalam penulisan ini adalah dengan menggali dan mengungkapkan kembali sejarah masuknya agama islam di Dompu ini maka akan dapat diketahui dengan jelas proses islamisasi di Dompu sejak permulaan islam ke Dompu sampai dengan sultan Dompu yang terakhir yaitu sultah Muhammad tajul arifin tahun 1950 M. sebagai sumbangsih terhadapmasyarakat dan daerah tingkat II Dompu dengan harapan kiranya penulisan ini dapat dijadikan bahan pikiran dalam usaha mengembangkan penulisan sejarah islam di Dompu khususnya, umumnya pengembangan penulisan sejarah islam local atau sejarah local lainnya.
Pembahasan ini menggunakan metode penulisan sejarah yang pada akhir pembahasan dapat disimpulkan diantaranya bahwa menurut data-data dan penelitian yang seksama, masuknya islam di Dompu pertama kali buka pada abad XV, tetapi pada abad XVII. Pembawa islam pertama kali ke Dompu pad abad XVII adalah Datu Di Tiro dan Datuk Di Banda. Utusan Raja Goa yang dikirim ke Dana Mbojo (Bima) dan Dompu untuk menyiarkan islam. Dakwah islamiyah yang dilakukan oleh kedua Datuk tersebut berjalan dengan aman dan tanpa paksaan. Dakwah islamiyah itu dapat meyentuh seluruh masyarakat baik masyarakat bangsawan maupun masyarakat biasa, sehingga dapat menjilmakan kerajaan islam Dompu. Dengan berdirinya kerajaan Dompu, maka besar sekali pengaruhnya dalam perkembangan islam di Dompu. Bahwa islam mempunyai pengaruh dalam perubahan-perubahan masyarakat di Dompu sehingga kehidupan dan kebudayaan Dompu bercorak islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridwan, M.--UNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Islam
Uncontrolled Keywords: Islam di Kesultanan Dompu
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 May 2014
Last Modified: 16 Apr 2019 04:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11568

Actions (login required)

View Item View Item