Sarikat Islam dalam Pergerakan Nasional Indonesia: suatu tinjauan historis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Moh. (1987) Sarikat Islam dalam Pergerakan Nasional Indonesia: suatu tinjauan historis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah kondisi rakyat Indonesia yang terjajah mendorong munculnya pergerakan nasional, disamping factor lain yang mempercepat pertumbuhannya sehingga rakyat Indonesia ikut aktif dalam pergerakan tersebut. Sarikat islam sebagai salah satu organisasi pergerakan, merupakan organisasi sosial politik umat islam Indonesia, tumbuh dan berkembang dengan cepat baik dalam jenis maupun jangkauan aktifitasnya. Aktifitas perjuangan sarikat islam dalam pergerakan nasional memberikan sumbangan besar terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia, berhasil sebagai penumbuh dan pembawa serta penyalur aspirasi masyarakat. Pembahasan ini bertujuan unutk memberikan pemahaman terhadap salah satu bentuk perjuangan rakyat Indonesia yaitu dalam bentuk pergerakan nasional yang didukung oleh segenap laisan masyarakat sekalipun cara dan sikap yang ditempuh berbeda sesuai latar belakang serta aspirasinya masing-masing. Membuktikan dengan data sejarahbahwa umat islam Indonesia besar sumbangnnya terhadap perjuangan pergerakan nasional, sebagaimana mereka yang tergabung dalam sarikat islam yang mampu membangun kesadaran berbangsa dan bernegara secara merata di kalangan rakyat Indonesia sehingga tidaklah kecil arti dan andilnya dalam perjuangan pergerakan Indonesia. Dengan mengungkap kembali peristiwa perjuangan bangsa Indonesia dalam pergerakan nasional diharapkan dapat memberi keteladanan dan dorongan semangat kepada rakyat Indonesia pada masa kini untuk melanjutkan perjuangan mereka dengan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Pembahasan skripsi ini menggunakan metode kepustakaan yang pada akhirnya menghasilkan kesimpulan diantaranya sarikat islam merupakan orgaisasi pergerakan nasional di Indonesia yang pertama dalam arti sesungguhnya. Hal itu dapat dinuktikan dengan segala sesuatu yang diperjuangkan adalah semata ditujukan untuk rakyat Indonesia, yang didalam perjuangannya tersebut praktis memperoleh dukungan dari mereka semua, sehingga dapat mendorong segera terciptanya kesadaran nasional Indonesia. Sukses yang diraih oleh sarikat islam dalam ikut serta mewujudkan persatuan nasioanl rakyat Indonesia, pada masa awal pergerakan nasional adalah melalui ikatan keagamaan yang dalam hal ini adalah agama islam. Agama itu telah mampu meredam perselisihan dan perbedaan yang ada diantara meraka, ia mempunyai arti penting bagi rakyat Indonesia di dalam penyatuan Indonesia.
Sarikat islam sebagai organissasi sosial poitik umat islam Indonesia didalam perjuangannya bergerak pada seluruh segi kehidupan masarakat rakyat Indonesia seperti bidang ekonomi sosial budaya keagamaan dan politik. Penekanan diantara bidang-bidang kegiatannya tersebut dilaksanakan sesuai kondisi dan daya penerimaan rakyat serta dengan memperhatikan reaksi dari fihak pemerintah kolonia belanda, hal itu merupakan strategi perjuangan sarikat islam di dalam upayanya mencapai kemerdekaan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Moh.--UNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Serikat Islam
Keywords: Sarikat Islam; Pergerakan Nasional Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 May 2014
Last Modified: 23 Apr 2019 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11556

Actions (login required)

View Item View Item