Aisyiyah: studi tentang salah satu organisasi sosial keagamaan wanita di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamalin, Kamalin (1990) Aisyiyah: studi tentang salah satu organisasi sosial keagamaan wanita di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ba 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ba 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Aisyiyah adalah lembaga dari muhammadiyah, yang mulanya adalah merupakan organisasi kewanitaan yang didirikan di daerah kauman yogyakarta pada tahun 1914 dengan nama sopo tresno. Tokoh-tokoh utamanya adalah badilah zubair, aisyah hilal,siti bariyah, dawimah, busyro ishom, zahroh mukhsin, wadiyah nuh dan dalalah hisyam. Kemudian pada tahun 1922 atas nasihat dari bapak haji muchtar organisasi wanita itu melebur diri menjadi bagian tak terpisahkan dari organisasi muhammadiyah.
masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah latar belakang apakah yang mendorong berdirinya aisyiyah dan bagaimana proses pembentukannya sehingga menjadi satu organisasi yang mandiri disisi muhammadiyah dan berjuang untuk islam di tengah-tengah ummat dan bangsa.apakah yang menjadi dasar pengamalannya dan bagaimana strategi perjuanganya di tengah-tengah umat islam khususnya dan bangsa Indonesia umumnya. Bagaimana peran sertanya dalam organisasi muhammadiyah terutama dalam kaitannya dengan gerak emansipasi di Indonesia sebagai upaya mengangkat derajat wanita islam dalam tuubuh muhammadiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya dan sejarah selintas organisasi aisyiyah yang menjadi bagian tak terpisahkan dengan organisasi muhammadiyah. Untuk mengetahui peran serta organisasi terrsebut dalam tubuh muhammadiyah dan sekaligus keterlibatannya dengan langkah-langkah pembaharuan di Indonesia. Untuk mengetahui dasar-dasar perjuangannya serta ruanglingkup (strateginya) dalam berkiprah di tengah-tengah umat islam khususnya maupun bagsa Indonesia umumnya.
Metode yang dipakai dalam menyelesaikan penelitian ini adalah heuristik : kepustakaan, lisan, kemudian metode kritik, interpretasi, dan historiografi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamalin, Kamalin--847
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDjalil, Abdul--150169615
Subjects: Islam > Organisasi
Uncontrolled Keywords: Aisyiyah; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2014
Last Modified: 13 Nov 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item