MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL HIKMAH NGARJO KEC. MOJOANYAR KABUPATEN MOJOKERTO

Diana, I’in Erika (2014) MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL HIKMAH NGARJO KEC. MOJOANYAR KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang nilai-nilai pancasila. Metode diskusi kelompok adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Dalam pembelajaran ini siswa dalam kelas dikelompokkan, beranggotakan 4-6 siswa yang terdiri dari siswa yang pandai, sedang dan rendah. Disamping itu dipertimbangkan heterogenitas kriteria yang lain seperti jenis kelamin, latar belakang sosial, kesenangan dan sebagainya.
Pemasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah efektivitas penggunaan metode diskusi kolompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajara PKn.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian menggunakan siswa kelas IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo
Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto.
Dari data hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya dapat diketahui bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar 61,90 % pada siklus pertama menjadi 85,71 % pada siklus kedua. Peningkatan ini menandakan bahwa penelitian dapat dikatakan berhasil.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila kelas IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Diskusi; PKn; Hasil Belajar; Nilai-Nilai Pancasila
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2015 02:03
Last Modified: 26 Feb 2015 02:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item