UPACARA TAHLILAN PADA PETILASAN SYEKH MAULANA ISHAK DI DUKUH SENTONO DESA KREGENAN KEC. KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lindaniyah, Lindaniyah (1994) UPACARA TAHLILAN PADA PETILASAN SYEKH MAULANA ISHAK DI DUKUH SENTONO DESA KREGENAN KEC. KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap latar belakang apa saja yang mendasari adanya upacara Tahlilan. Bagaimana pelaksanaan upacara Tahlilan yang dilaksanakan oleh masyarakat Dukuh Sentono dan makna yang terkandung di dalamnya serta dampaknya. Apa saja unsur-unsur dalam upacara Tahlilan.
Tujuannya dimaksudkan untuk mengetahui beberapa segi kemasyarakatan Dukuh
Sen tono. Untuk mengungkapkan unsur-unsur budaya pada upacara Tahlilan dan dampaknya.
Metode yang diterapkan untuk penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif studi lapangan. Yang pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa Tahlilan adalah suatu bentuk upacara yang terus berkembang di tengah-tengah masyarakat Islam di Indonesia terutama di Jawa. Walaupun secara jelas belum diketahui tentang awal mula diadakannya upacara tersebut, namun secara hipotesa hal itu dapat diketahui sejak adanya penyebaran agama Islam oleh para wali (wali Songo).
Yang dalam penyebarannya menggunakan pendekatan tasawuf, baik melalui toriqoh, tahlilan dan amalan lainnya yang selaras dengan itu, Hal itu dapat terlihat dari maksud dan unsur yang terkandung di dalamnya.
Tahlilan d i Petilasan Syeh Maulana Ishak Dukuh Sentono bukan merupakan toriqoh melainkan sebuah amalan yang inti amalannya adalah dzikir dan sholawat. Dalam perkembangannya tahlilan di petilasan Syeh Maulana Ishak mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat pendukung budaya Tahlilan yang datang dari berbagai daerah tanpa adanya undangan atau misionir khusus untuk mengajaknya. Sehingga amalan tahlilan di Petilasan Syeh Maulana Ishak ini yang sudah mengalami penambahan dari segi amalannya mampu membentuk nilai tersendiri, baik terhadap individu, kelompok sosial kemasyarakatan maupun budaya. Nilai terhadap individuya itu terciptanya ketenangan sosial kemasyarakatan, adanya ukhuwah yang antara sesama muslim, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lindaniyah, LindaniyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Uncontrolled Keywords: Tahlilan; Petilasan; Syekh Maulana Ishak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014
Last Modified: 30 Jan 2015 06:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item