Sejarah perkembangan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Jawa Timur (Tahun 1979-1996)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qodar, Muhammad (1998) Sejarah perkembangan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Jawa Timur (Tahun 1979-1996). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Menjadikan Keimanan dan ketaqwaan sebagai salah satu azas pembangunan alasannya jelas, karena suatu pembangunan fisik material tanpa didasarkan kepada iman dan ketaqwaan akan melahirkan kemajuan material, temporal dan kenikmatan bersifat semu bahkan selanjutnya hasil jerih payah pembangunan akan rusak sia-sia tidak bermakna manakala pengisiannya adalah manusia yang tidak bermoral.Dari titik tolak inipun maka pemerintah sangat memperhatikan pembangunan keagamaan pada semua lapisan masyarakat pada semua jalur dan jenjang. Bahkan pembinaan keagaman di kalangan pemuda remaja mendapat perhatian ekstra, mengingat usia remaja masih diwarnai strum dan drung disamping memiliki potensi kecerdasan, tenaga, idealisme dan keberanian. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang sejarah perkembangan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Jawa Timur (Tahun 1979-1996) dengan rumusan masalah sebagai berikut. Pertama, tentang sejarah berdirinya BKPRMI Jawa Timur tahun 1979. Kedua, tentang faktor yang mendukung dan menghambat berdirinya BKPRMI Jawa Timur. Ketiga, tentang garis besar perkembangan BKPRMI Jawa Timur dalam tiap- tiap periode kepemimpinan semenjak berdirinya pada tahun 1979 sampai dengan tahun 1996. Keempat, tentang hasil- hasil perjuangan yang dicapai oleh BKPRMI Jawa Timur. Dari penelitian ini penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pada tanggal 8 april 1979 diadakan pertemuan untuk membentuk BKPM (Badan Komunikasi Pemuda Masjid) Propinsi Jawa Timur yang bertempat di Masjid Al Falah Jalan Raya Darmo Nomor 137 A Surabaya. Pada hari itu telah terbentuk susunan kepengurusan periode pertama sekaligus dinyatakan sebagai lahirnya Badan Komunikasi Pemuda Masjid (BKPM) Jawa Timur. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya BKPM Jawa Timur adalah situasi dan kondisi pemeritahan Orde baru yang sedang mengawali konsolidasi pembangunan Nasional yang sangat membawa angin segar bagi perkembangan kehidupan keagamaan dan menaruh minat untuk kembali ke masjid dan membangun.Selain itu kaena timbulnya masalah kenakalan remaja maka dari para tokoh masyarakat dan orang tua menyarankan untuk segera membentuk wadah organisasi Remaja Masjid yang bisa membimbing para pemuda dari perbuatan yang tidak benar. Sedangkan perkembangan BKPMI Propinsi Jawa Timur pada periode 1979-1983 dikatakan sebagai periode perintisan. 1983-1985 mengalami kemajuan dan perkembangan. Sedangkan pada periode 1986-1989 sampai periode 1990-1993 aktifitasnya cukup mengalami kemajuan dengan pelaksanaan MUNAS BKPMI V di Surabaya. Dan pada periode 1993-1996 keberadaan BKPRMI benar- benar mengalami kemajuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qodar, Muhammad--A02391005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Islam
Keywords: Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2014
Last Modified: 05 Nov 2020 15:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11457

Actions (login required)

View Item View Item