PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Sahidun, Sahidun (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Aqidah Akhlak merupakan materi yang dirasakan oleh siswa sebagai materi yang cukup sulit terutama materi Asmaul Husna. Sebab selain siswa harus hafal lafalnya, mereka juga di tuntut untuk memahami artinya, masalah yang utama adalah penggunaan metode pembelajaran guru didalam proses pembelajaran.
Metode yang digunakan oleh guru harus diubah, sehingga lebih variatif dan siswa tidak merasa bosan. Penggunaan metode pembelajaran yang lebih variatif juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian tindakan kelas guna memperbaiki proses pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui metode demonstrasi materi Asma’ul Husna pada siswa Kelas IV MI Darussalam Banjarsari tahun pelajaran 2014/2015.
Metode penelitian menggunakan metode demonstrasi dengan tindakan sebanyak tiga siklus. Setiap Siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV MI Darussalam Banjarsari sebanyak 28 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Hasil penelitian sesuai dengan analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa melalui metode demonstrasi materi Asmaul Husna pada siswa kelas IV MI Darussalam Banjarsari mengalami peningkatan yang cukup siknifikan, hal ini dibuktikan dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan yaitu, dari siklus I (65,85%), siklus II (78,00%), siklus III 87,80%).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Metode Demonstrasi; Aqidah Akhlak; Asmaul Husna
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 05:32
Last Modified: 25 Feb 2015 05:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item