PENGGUNAAN MEDIA KIT SAINS UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI & PERUBAHANNYA

Nasiruddin, Moh. (2014) PENGGUNAAN MEDIA KIT SAINS UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI & PERUBAHANNYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Titik sentral yang harus dicapai oleh setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apa pun yang termasuk perangkat program pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan kemalasan. siswa pun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru ,tetapi ingin mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan,Bagaimanakah efektifitas penggunaan media KIT Sains dalam rangka menumbuhkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada Kelas III di MI Miftahul Ulum Kemlagi Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto?.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui efektifitas penggunaan media KIT Sains dalam rangka menumbuhkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada Kelas III di MI Miftahul Ulum KemlagiKecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokertoi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan,dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Kemlagi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prosentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (80%), siklus II (91%).
Simpulan dari penelitian ini adalah efektifitas penggunaan media KIT Sains dalam rangka menumbuhkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar,dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar yang ditandai meningkatnya motivasi belajar siswa pada Kelas III di MI Miftahul Ulum Kemlagi Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, yang dapat menjadikan siswa merasa bahwa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan disamping sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Motivasi; KIT Sains; IPA
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 05:19
Last Modified: 25 Feb 2015 05:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item