PERSATUAN UMAT ISLAM ( PUI ) MAJALENGKA (Study Tentang Perkembangan Organioasi Kemasyarakatan Islam di Majalengkzi Tahun 1952-1990)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faza, Sofiah Oop (1996) PERSATUAN UMAT ISLAM ( PUI ) MAJALENGKA (Study Tentang Perkembangan Organioasi Kemasyarakatan Islam di Majalengkzi Tahun 1952-1990). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Persatuan Ummat Islam (PUI) adalah fusi dari dua organisasi Islam yang telah berdiri yaitu Persatuan Ummat Islam Indonesia (PUII) yang didirikan di Sukabumi oleh KH. Ahmad Sanusi pada tahua 9931 dan Perikatan Ummat Islam (yang berasal dari Perikatan Oelama) yang didirikan oleh HM. Abdul Halim di Majalengka pada tahun 1917. Kedua organisasi ini bergabung pada tanggal 5 April atau 9 Rajab 1371 H, bertempat di Gedung Nasional Bogor.
Berdasarkan line up bahasan di atas, maka permasalahan yang akan dlpecahkan :
Apakah latar belakang dan faktor berdirinya PUI di Majalengka. Bagaimana Kondisi PUI pada awalnya berdiri. Faktor apa yang mendukung dan menghambat perkembangan PUI di Majalengka. Bagaimana kiprah PUI dalam masyarakat Islam periode tahun 1952-1990.
Yang menjadi tujuan penulisan skripsi ini adalah Untuk mengetahui proses berdirinya PUI di Majalengka dan faktor yang melatar belakanginya, Untuk mengungkapkan maksud dan tujuan berdirlnya PUI. Untuk mangetahui perkembangan dan peranan PUI di Majalengka terhadap kehidupan masyarakfit sebagai organisasi kemasyarakatan. Mencoba mengkaji masalah sebagai salah satu kajian llmiyah guna menambah perbendaharaan kepustakaan sejarah Kebudayaan Islam, khususnya di IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Untuk penyelesaian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif analitis kualitatif. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa Gerakan Persatuan Ummat Islam (PUI) organisasi yang bersifat Independen yang bertujuan melaksanakan Syariat Islamiyah Ahli Sunnah wal Jamaah dalam rangka untuk terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang di ridloi Allah SWT. Serta prinsip yang menjadi landasan perjuangannya tertuang dalam bentuk fa1safah Yang dinamakan Intisab.
Organisasi PUI bergerak dalam bidang sosial keagamaan yang berdasarkan Islam, namun dalam penekanannya lebih diutamkan pada pendidikan. Dalam sosial kemasyarakatan misalnya mengelola Madrasah-madrasah dari Taman Kanak-kanak sampai sekolah lanjutan dan mendirikan Majlis Talim yang mengrahkan kiprahnya kepada pengajian-pengajian sebagai sarana dakwah, memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu dan para janda lanjut usia, serta memberikan atau arahan/bimbingan kepada ibu-ibu sebagai orang tua asuh anak-anak TPA yatim piatu dan Asrama putri PUI./FONT

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faza, Sofiah OopUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Uncontrolled Keywords: Persatuan Umat Islam; PUI; Organisasi Kemasyarakatan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2014
Last Modified: 31 Jan 2015 03:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item