PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELAKUKAN PERCOBAAN PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS VI MI MANBA’UL ULUM JAPANAN KEMLAGI MOJOKERTO

Sutiyono, Sutiyono (2014) PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELAKUKAN PERCOBAAN PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS VI MI MANBA’UL ULUM JAPANAN KEMLAGI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Dengan semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,
semakin tinggi pula tuntutan masyarakat terhadap sekolah terutama dalam peningkatan mutu pendidikan, sehingga menuntut guru untuk melakukan perubahan-perubahan di dalam metode mengajarnya. Melalui refleksi diri terhadap metode yang selama ini berupa ceramah diubah dengan metode menggunakan alat peraga, walaupun menggunakan alat peraga sederhana.
Merealisasi tuntutan tersebut di atas, Guru menyadari dengan melalui penilaian diri sendiri sejauh mana metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar akan berdampak meningkatkan hasil belajar siswanya. Oleh karena itu, berbagai macam upaya yang dilakukan di antaranya mengadakan Penelitian Tindakan Kelas agar hasil belajar siswa meningkat tanpa anak merasa jenuh dan malas untuk belajar yaitu dengan mengajarkan anak dengan menggunakan alat peraga.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah studi kasus dengan menggunakan dua siklus. Siklus pertama : Proses Belajar Mengajar tanpa menggunakan alat peraga SAINS. Sedangkan siklus kedua : Proses Belajar menggunakan alat peraga.
Dari kedua siklus di atas ternyata siklus yang kedua lebih efektif dan lebih menyenangkan anak dan hasilnya siklus yang kedua hasil belajar anak meningkat berdasarkan pada hasil setiap siklus yaitu : siklus I (75%) dan siklus II (96.43%). Hal ini menunjukkan bahwa anak lebih terangsang untuk belajar SAINS, sehingga manfaatnya benar-benar meningkatkan hasil belajar anak.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Peraga; Keterampilan Melakukan Percobaan; Materi Gaya dan Gerak
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 04:51
Last Modified: 25 Feb 2015 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item