PEMBUANGAN MUBTADA PADA SURAH AL-BAQARAH: STUDI NAHWU

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Rahmah (2013) PEMBUANGAN MUBTADA PADA SURAH AL-BAQARAH: STUDI NAHWU. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstark.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
dafatr isi.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kajian sintaksis Bahasa Arab (nahwu) mubtada pada dasarnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah kalimat nominal (jumlah ismiah). Keberadaannya menjadi keharusan agar suatu kalimat dapat dipahami. Namun, pada saat-saat tertentu suatu kalimat nominal (jumlah ismiah) dapat dipahami tanpa adanya mubtada. Bahkan pembuangan mubtada akan menimbulkan daya khayal pendengar sehingga menjadikan makna yang lebih luas.
Dalam kaidah nahwu hukum pembuangan mubtada adakalanya wajib dan adakalanya boleh dibuang dengan syarat-syarat tertentu. Setelah membaca dan mei rabi kalimat-kalimat yang ada dalam ayat pada surah al-Baqarah, peneliti menemukan beberapa jumlah ismi ah yang tanpa menyebutkan mubtada. Maka, jika dikaitkan dengan kaidah Bahasa Arab pembuangan-pembuangan mubtada yang ada pada surah al-Baqarah itu tentunya berhubungan dengan kewenangan dan keharusan dalam pembuangannya, serta berhubungan erat dengan makna dan tujuan pembuangan itu sendiri. Dua masalah inilah yang menarik peneliti dalam skripsi ini.
Adapun pokok masalah yang akan dteiliti dalam skripsi ini yaitu: i) Apa hukum-hukum pembuangan mubtada dalam surah al-Baqarah? ii) Apa ta dir untuk mubtada yang dibuang? iii) Apa tujuan pembuangan mubtada dalam surah al-Baqarah?. Adapun tujuan dari pembahasan dalam makalah ini adalah: i) untuk menngetahui hukum-hukum pembuangan mubtada dalam surah al-Baqarah. ii) Untuk mengetahui ta dir mubtada yang dibuang dalam surah a-Baqarah. iii) Untuk mengetahui tujuan dan faidah pembuangan mubtada dalam surah al-Baqarah.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan didalam skripsi dengan judul: Pembuangan mubtada dalam surah al-Baqarah yaitu metode Deskripsi (Untuk memberi gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini) serta metode Analisis Nahwu (sebagai alat untuk mengkaji lebih dalam pada penelitian ini).
Analisa dalam penelitian ini, ada di bab IV. Meliputi: I rab dan ta dir dari mubtada yang dibuang, hukum-hukum pembuangan mubtada dan tujuan serta faidah pembuangan mubtada dalam surah al-Baqarah.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kewenangan pembuangan mubtada pada surah al-Baqarah ditemukan lebih banyak dengan faidah yang beranekaragam daripada pembuangan yang wajib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Misbahul Munir, MA.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, RahmahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Arab
Keywords: Mubtada, Al-Baqarah, Nahwu
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11369

Actions (login required)

View Item View Item