SAJAK DALAM SURAT AL KAHFI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Khusniyatul (2013) SAJAK DALAM SURAT AL KAHFI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul SAJAK DALAM SURAT AL KAHFI. Surat al Kahfi terdiri atas 110 ayat, surat ke-28, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah. Dinamai al Kahfi artinya Gua dan Ashhabul Kahfi yang artinya Penghuni-Penghuni Gua. Kedua nama ini diambil dari cerita yang terdapat dalam surat ini pada ayat 9 sampai dengan 26, tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. Selain cerita tersebut, terdapat pula beberapa buah cerita dalam surat ini, yaitu kisah Nabi Musa dan Khidir, dan kisah Zulkarnain.
Sajak adalah adalah cocoknya huruf akhir dua fashilah atau lebih (persamaan wazan dan qofiyah). Sajak ada tiga macam yaitu (1) Sajak mutharraf adalah kedua huruf terakhirnya sama tetapi berbeda wazannya, (2) sajak murhosho adalah kedua huruf terakhirnya dalam wazan dan qofiyah sama, tetapi dalam satu kalimat qofiyah ada banyak, (3) Sajak mutawazi adalah kedua huruf terakhir dan wazannya sama.
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif analitif yaitu prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis. Adapun tahap-tahap penelitian ini adalah Membaca dan memahami konsep-konsep atau teori yangberkaitan dengan sajak. Mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan bahasan peneliti dan Menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi.
Skripsi ini mengandung tiga rumusan masalah, Pertama, ada berapa ayat, yang mengandung sajak dalam surat al kahfi, Kedua, ada berapa macam sajak, dalam surat al Kahfi, Ketiga, bagaimana analisis sajak dalam surat al Kahfi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah 1. Sajak dalam surat al kahfi terdiri dari 58 ayat. 2. Macam sajak yang terdapat dalam surat al kahfi yaitu sajak mutharraf dan sajak mutawazi. Sajak mutharraf adalah kedua huruf terakhirnya sama tetapi berbeda wazannya, sedangkan Sajak mutawazi adalah kedua huruf terakhirnya dan wazannya sama. 3. Hasil dari analisis penulis, sajak muthorof berjumlah 35 ayat dan sajak mutawazi berjumlah 23 ayat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muntaha
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, KhusniyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Sajak; Surat al Kahfi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2014
Last Modified: 14 Apr 2015 02:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item View Item