PENINGKATAN MENGIDENTIFIKASI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V MI "ROUDLOTUN NASYI'IN" MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Afiq (2014) PENINGKATAN MENGIDENTIFIKASI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V MI "ROUDLOTUN NASYI'IN" MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran IPA sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran tidak kotekstual dan kinerja siswa rendah baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional,. Keadaan tersebut potensial menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa.
Dalam siklus kedua siswa dan guru (kolaborator) sudah mulai memahami implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap guru dan siswa mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran kooperatif tipe tipe STAD. Dari hasil observasi kemampuan mengidentifikasi siswa meningkat dari 67,86% pada siklus pertama menjadi 98,33% pada silkus kedua. Sedangkan hasil ulangan harian menunjukkan peningkatan dari rata-rata sebesar 70,34 pada ulangan harian pertama, menjadi rata-rata 80,2 pada ulangan harian kedua setelah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari pelaksanaan PTK siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi siswa dalam pembelajaran IPA dalam KD mengidentifikasi organ pernapasan manusia pada kelas V MI Roudlotun Nasyiin Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, AfiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Mengidentifikasi; Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievment Division)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 02:54
Last Modified: 25 Feb 2015 02:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item