TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA POHON UNTUK MAKANAN TERNAK DI DESA MAYONG KECAMATAN KARANGBINANGUN KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Mukhlihatul (2013) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA POHON UNTUK MAKANAN TERNAK DI DESA MAYONG KECAMATAN KARANGBINANGUN KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang sumber data primernya diperoleh langsung dari para pihak yang melakukan praktik sewa menyewa pohon untuk makanan ternak, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis yaitu menggambarkan keadaan yang ada atau menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya yang ada di lapangan tentang sewa pohon untuk makanan ternak, kemudian dianalisis dengan pola pikir deduktif dalam hal ini di ungkapkan ketentuan-ketentuan yang ada dalam hukum Islam mengenai sewa menyewa kemudian selanjutnya dipaparkan dari kenyataan yang ada dilapangan mengenai sewa pohon untuk makanan ternak di Desa Mayong, kemudian diteliti dan dianalisis, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dalam pelaksanaan sewa menyewa pohon untuk makanan ternak di Desa Mayong terdapat beberapa permasalahan, yaitu: ketidakjelasan dari segi obyeknya, ketidaktepatan dari akad yang digunakan , dan ketidaksesuaian antara sigat akad dengan praktinya, dari beberapa permasalahan tersebut jika dianalisis menurut hukum Islam dapat disimpulkan, yaitu dari segi obyek sewa belum memenuhi syarat sah sewa menyewa, karena adanya ketidak jelasan pada manfaat obyek yang di sewa. Berdasarkan bentuk akad yang digunakan dalam sewa menyewa pohon di Desa Mayong adalah tidak melanggar syari'at Islam, karena dalam suatu akad yang di utamakan adalah tujuan dari akad itu sendiri bukan kata-kata yang di gunakan dalam akadnya, dan yang terakhir dari praktik pelaksanaan sigat akad dengan praktinya dalam akad sewa menyewa pohon di Desa Mayong Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan adalah sah dan diperbolehkan karena dalam praktinya adanya kerelaan atau keridhaan dari masing-masing pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nurlailah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, MukhlihatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sewa
Keywords: Sewa Menyewa Pohon; Hukum Islam; Sewa;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item View Item