EFEKTIVITAS MEDIASI PADA PERKARA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA BONDOWOSO 4 TAHUN SESUDAH BERLAKUNYA PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1 TAHUN 2008

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Riska Zulinda (2013) EFEKTIVITAS MEDIASI PADA PERKARA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA BONDOWOSO 4 TAHUN SESUDAH BERLAKUNYA PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1 TAHUN 2008. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Isi.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul Efektivitas Mediasi pada Penyelesaian Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Bondowoso 4 tahun Sesudah Berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Prosedur Mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mediasi pada Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Bondowoso 4 tahun Sesudah Berlakunya Perma Nomor 1 Tahun 2008, serta kendala-kendala apa saja yang terdapat dalam pelaksanaan mediasi pada perkara perceraian di Pengadilan Agama Bondowoso.
Adapun data yang digunakan adalah data kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis menganalisis data kuantitatif, yaitu dengan mengolah data menjadi persentase.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mediasi pada perkara perceraian di Pengadilan Agama Bondowoso 4 Tahun sesudah berlakunya Perma Nomor 1 Tahun 2008, Setelah berlakunya Perma Nomor 1 Tahun 2008, mediasi diterapkan pada semua perkara perceraian tanpa ada klasifikasi khusus dan sudah ada hakim yang bersertifikat mediator. Selain itu, Pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa perkara perceraian sebelum berlakunya Perma Nomor 1 Tahun 2008 dan sesudah berlakunya Perma Nomor 1 Tahun 2008, diperoleh nilai yang tidak signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata persentase keberhasilan mediasi tiap tahun hanya sebesar 3.10 %. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa mediasi pada perkara perceraian di Pengadilan Agama Bondowoso kurang efektif. Meski demikian, secara tidak langsung hasil tersebut berpengaruh terhadap prosentase penumpukan perkara yang nantinya terjadi di tingkat banding dan kasasi. Sedangkan kendala dalam pelaksanaan mediasi adalah: a) Terbatasnya keterampilan hakimuntuk melaksanakan mediasi, b) Lemahnya pengetahuan para pihak yang bersengketa mengenahi keuntungan mediasi, c) Terbatasnya waktu yang digunakan oleh mediator dalam melaksanakan mediasi, d) Tingkat kerumitan problem yang harus dipecahkan serta e) Kurangnya respon advokat dalam menerapkan mediasi.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis memberikan saran-saran sebagai berikut: 1) Agar Mahkamah Agung RI sering mengadakan pelatihan untuk mediator sehingga para hakim mediator mendapatkan wawasan (ilmu) yang baru. 2) Agar PA Bondowoso lebih memperhatikan waktu yang digunakan untuk mediasi, karena mediasi merupakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan para pihak. Dengan waktu yang panjang dan luas, maka akan memberi kesempatan lebih kepada para pihak untuk berfikir mana yang terbaik. 3) Agar seluruh perangkat hukum dan semua yang mengerti hukum memberikan sosialisasi dan pemahaman terhadap manfaat penyelesaian perkara melalui mediasi. Sehingga masyarakat tahu manfaat mediasi dan dapat meningkatkan efektivitas mediasi itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: H.M. Dahlan Bishri, L.C., M.Ag.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Riska ZulindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Talak
Keywords: mediasi, perceraian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2014
Last Modified: 13 Apr 2015 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/11281

Actions (login required)

View Item View Item